Sukses

Menteri Rini: Magang di BUMN Tak Cuma Disuruh Bikin Kopi

Pengembangan program magang merupakan upaya Kementerian BUMN untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku siap mengawal program magang bersertifikat di BUMN. Terlebih telah ditandatangani fasilitas magang antara Universitas Indonesia dengan 10 BUMN.

Sepuluh BUMN tersebut adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Nasional Indonesia Tbk, PT Taspen (Persero), Perum BULOG, PT Waskita Karya Tbk, Perum Perikanan Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Perkebunan Nusantara III.

Dalam pelaksanaannya, Rini menjamin para mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat sebelum nantinya bisa terjun langsung ke dunia kerja.

"Magang itu bukan untuk fotokopi. Ibu dulu magang di Citibank melakukan fotokopi dan buat kopi ke bos-bos. Tetapi kita harus berani menanyakan apa tugas kita. Oleh sebab itu, kita lakukan monitoring. Dan ini akan lebih profesional," kata Rini di Kampus UI, Depok, Kamis (28/6/2018).

Untuk itu, dirinya meminta kepada 10 Direktur SDM yang melaksanakan program magang bersertifikat ini turut serta melakukan pengecekan terhadap pekerjaan yang diberikan kepada mahasiswa vokasi Universitas Indonesia yang ikut program magang tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembangan Program Magang

Pengembangan program magang ini merupakan upaya Kementerian BUMN untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Terlebih, dunia kerja saat ini terus dihadapkan dengan persiangan yan ketat.

Dengan adanya kerjasama dengan UI ini, nantinya mahasiswa akan menjalani program magang di 10 BUMN selama 6 bulan. Setelah itu, jika sudah lulus, nantinya terbuka peluang lebar untuk melanjutkan kerja ke BUMN yang bersangkutan dengan model Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

"PKWT ini nanti juga bersertifikat. Dengan program ini, bumn dan UI dapat bersama-sama peroleh manfaatnya," terang Rini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.