Sukses

6 Cara Jitu Geluti Bisnis Warung Kopi Agar Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Warung kopi kian diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari masyarakat kelas atas semata, warung kopi kian membumi dan mengikuti tren. Warung kopi kekinian makin mudah dijumpai untuk memenuhi lifestyle para anak muda.

Untuk bisa survive dalam bisnis ini, para pemilik warung kopi pun harus cari cara untuk membuat bisnisnya terus laku dan diminati.

Coba lakukan 6 cara ampuh sukses bisnis warung kopi kekinian dilansir dari Swara Tunaiku.

1. Mengikuti tren

Tidak hanya warung kopinya saja, si pemilik warung kopi pun harus kekinian. Dengan mengikuti perkembangan zaman, si pemilik warung kopi bisa tahu apa yang tengah jadi topik hangat di masyarakat. Coba cari tahu tentang minat konsumen, era, gaya, dan perkembangan zaman.

Setelah selesai mempelajari tren, bisa diaplikasikan untuk mengembangkan bisnis. Bisa berupa desain ruangan atau suasana warung kopi yang kekinian.

2. Jadikan karyawan sebagai sahabat

Sudah saatnya untuk menjadikan karyawan sebagai seorang sahabat. Meski menjadi pemilik warung, atmosfer dalam bekerja yang santai bisa membantu menciptakan bisnis yang sukses. Percaya atau tidak, hubungan yang harmonis dengan karyawan mampu memotivasi untuk bekerja lebih giat.

Selain itu, dengan atmosfer kerja yang lebih fleksibel maka membentuk sense of belonging para karyawan. Ya, membuat karyawan merasa memiliki akan menumbuhkan rasa peduli dan memiliki, maka akan bekerja sepenuh hati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Perhatikan pelayanan dan kualitas

Seorang konsumen pasti punya ingatan yang baik dengan pelayanan yang diberikan. Apalagi jika menimbulkan kesan yang baik, maka konsumen merasa lebih nyaman dan akan sering datang. Tidak ketinggalan kualitas yang disajikan pun harus membuat konsumen puas. Baik itu rasa kopi, makanan, minuman, desain ruangan, cepat atau tidaknya pelayanan, dan keramahan pramusaji dan barista.

Jika ingin memiliki pelayanan dan kualitas yang bagus, harus ada kerja tim yang solid. Salah satu solusinya adalah memperlakukan karyawan sebagai sahabat.

4. Berikan contoh yang baik

Walaupun berstatus sebagai pemilik, bukan berarti bisa berlaku bossy dan seenaknya. Sebaliknya, memberikan contoh yang baik pada karyawan agar termotivasi untuk bekerja dengan baik. Tak segan untuk turun tangan secara langsung dan terlibat untuk bekerja sama.

3 dari 3 halaman

5. Luwes dalam bergaul

Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh karyawan adalah skill komunikasi yang baik dengan konsumen. Saat memberikan pelayanan, karyawan dituntut untuk bisa akrab dengan konsumen. Apalagi, tipe konsumen yang datang selalu berbeda-beda. Maka sudah sewajibnya jika owner pun tak kalah dengan karyawannya dan harus menguasai keterampilan komunikasi yang baik pula terhadap siapapun.

6. Menjadi unik

Banyaknya bisnis warung kopi yang menjamur dapat menjadi tantangan bagi pebisnis warung kopi. Sehingga, warung kopi kekinian harus punya keunikan dan sisi menarik yang bisa dijadikan pembeda dengan warung kopi lainnya. Gali lebih dalam potensi apa yang dimiliki oleh bisnis warung kopi yang dirintis.

Enam cara sukses yang bisa diikuti untuk jadi pebisnis warung kopi yang sukses ternyata mudah kan dilakukan. Bagaimana, siapkan menggeluti bisnis warung kopi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini