Sukses

Syarat agar Jadwal Keberangkatan KA Bandara Bertambah dari Bekasi

Saat ini baru ada empat jadwal keberangkatan KA Bandara dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Jadwal keberangkatan Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) atau KA Bandara Soetta dari Stasiun Bekasi dan sebaliknya akan bertambah asal tidak menganggu jadwal perjalanan kereta lainnya termasuk commuter line.

Direktur Operasi dan Teknik PT Railink, Purwanto Handry Nugroho mengatakan, saat ini baru ada empat jadwal keberangkatan Kereta Bandara (KA Bandara) dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Begitu juga sebaliknya empat jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menuju ke Stasiun Bekasi. Meski demikian, Purwanto mengatakan tidak menutup kemungkinan jadwal keberangkatan dapat ditambah sewaktu-waktu.

Itu dapat dilaksanakan apabila semua sudah berjalan dan terkoordinasi dengan baik. Terlebih kata dia untuk saat ini jalur yang digunakan KA Bandara dilewati oleh kereta api jarak jauh, kereta commuter line, dan KA Bandara.

"Pertama saat ini kami hanya bisa melayani 4 jadwal dari Bekasi dan 4 jadwal dari bandara. Ini dikarenakan kami beroperasi di luar jam-jam sibuk dari commuter line sehingga tidak mengganggu masyarakat pengguna commuter line saat ini kami hanya bisa melakukan 4 perjalanan dari Bekasi maupun sebaliknya," ujar dia saat ditemui di Stasiun Bekasi, Rabu (20/6/2018).

Ia menambahkan, apabila ada pengaturan baru dari kereta api memungkinkan bisa menambah jadwal keberangkatan. Hal itu sesuai dengan pengaturan dari kereta api (KA) jarak jauh, commuter line, dan KA Bandara.

"Ke depan apabila ada pengaturan baru dari kereta api dan memungkinkan itu masih bisa (ditambah jadwal keberangkatan). Sejauh apa? sejauh semua bisa berjalan lancar. Karena kereta api group itu meliputi KA jarak jauh, commuter line dan KA Bandara jadi semua harus terakomodasi dengan baik dan sinergi," tambah Purwanto.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto mengatakan, empat perjalanan dari Stasiun Bekasi mulai pukul 10.05 WIB, 11.10 WIB, 13.13 WIB, dan 14.11 WIB. Adapun perjalanan sebaliknya berangkat dari Bandara Soekarno Hatta mulai pukul 07.50 WIB, 08.50 WIB, 10.50 WIB, dan 11.50 WIB.  "Sementara ini kami mengambil perjalanan di luar jam sibuk KCI (kereta commuter line)," kata Heru di Stasiun Bekasi, Selasa 19 Juni 2018.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Hari Ini, KA Bandara Soekarno Hatta Beroperasi dari Stasiun Bekasi

Sebelumnya, PT Railink mengoperasikan Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta (BSH) dari Stasiun Bekasi pada Selasa 19 Juni 2018. Sebelumnya, kereta bandara ini hanya beroperasi dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) ke Stasiun Bandara Soetta.

Direktur Utama Railink Heru Kuswanto mengatakan pengoperasian KA Bandara dari Stasiun Bekasi ini telah melalui serangkaian uji coba.

"Uji Coba Operasi KA BSH ke dan dari Bekasi ini berlaku untuk masyarakat umum dan berbayar, dimulai pada hari Selasa 19 Juni 2018," kata Heru kepada wartawan, Selasa 19 Juni 2018.

Adapun jadwal operasi di Bekasi di luar jam sibuk KA KRL Commuter Line Bekasi, yaitu di atas jam 09.00 WIB sampai dengan sebelum jam 16.00 WIB.

Mengenai tarif, sebenarnya Railink mematok tarif Rp 100 ribu per orang untuk rute Bekasi-Bandara Soetta. Namun pihaknya masih memberlakukan tarif promo yang berlaku mulai 19 Juni hingga akhir Juni 2018 sebesar Rp 70 ribu per orang

Srbelumnya, Heru menjelaskan, perpanjangan layanan hingga ke Bekasi ini tujuannya untuk meningkatkan layanan masyarakat di wilayah Bekasi dan sekitarnya dalam perjalanan ke Bandara.

Selain meningkatkan layanan masyarakat, dengan bertambahnya rute kereta bandara, juga akan meningkatkan tingkat keterisian kereta itu sendiri.

"Rute awal KA BSH ini Manggarai-BSH, namun pembangunan Manggarai belum akan selesai dalam waktu dekat, sementara waktu kita butuh titik lain yang aksesnya bagus. Kita mulai dari Bekasi saja dengan banyak pertimbangan," papar dia. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.