Sukses

Harga Pangan Saat Lebaran 2018 Tak Ganggu Daya Beli Masyarakat

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penanganan harga pangan selama Lebaran 2018 cukup baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penanganan harga pangan selama Lebaran 2018 cukup baik. Ini ditunjukkan dari tidak ada lonjakan harga pangan yang cukup besar selama periode tersebut. 

"Lebaran tahun ini Alhamdulillah suasananya baik. Ekonomi harga-harga cukup baik praktis tidak ada yang naik atau terjadi lonjakan," ujar Menko Darmin di Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (16/6/2018).

Namun demikian, Darmin  mengakui masih ada kenaikan harga telur, cabai, bawang, beras dan daging. Khusus beras, pemerintah sudah melakukan langkah intervensi jauh sebelum masa Lebaran. 

"Mungkin telur tapi telur tidak jauh beda naiknya. Sama dengan cabai dan bawang juga. Tapi tahun ini cabai, beras apalagi daging tentu tidak turun, tidak naik juga. Jadi tahun ini masyarakat lebaran, harga-nya tidak menganggu lagi,” ujar dia.

"Saya kira memang pemerintah cukup fokus untuk menjaga harga selama puasa Lebaran, kita memang mengawali sebelum puasa harga beras turun naik. Tapi kemudian bisa kita kendalikan meski belum normal sekali sudah mengarah turun sehingga kita percaya masih bisa terus turun," tambah dia. 

Darmin menambahkan, pemerintah masih akan terus mengendalikan harga beras terutama beras medium agar bisa mencapai harga sekitar Rp 9.000 per Kilogram (Kg). "Kita ingin harga beras medium sesuai HETnya Rp 9.000 mungkin sekarang Rp 10.000. Tapi Januari lalu pernah Rp 12.000 kan dan itu lumayan," ujar dia.

 

Reporter: Anggun Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menko Darmin Gelar Open House

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengadakan open house pada hari kedua Lebaran 2018, Sabtu (16/6/2018). Open house diadakan di rumah dinas, Jalan Widya Chandra IV nomor 17, Jakarta Selatan. 

Darmin tiba di rumah dinas pukul 09.30 WIB dengan menggunakan kemeja batik Cokelat dan didampingi sang istri Salsia Ulfa Sahabi Manoppo menggunakan kebaya merah muda. 

Menko Darmin dan istri menyalami satu persatu tamu yang hadir. Tidak lupa keduanya mempersilahkan tamu yang hadir untuk menyantap sajian yang ada.

"Mohon maaf lahir dan batin. Selamat lebaran apalagi dengan wartawan seminggu bisa berapa kali bertemu. Pasti ada yang tidak menyenangkan. Saya mohon maaf lah," ujar dia ketika berbincang dengan wartawan di Widya Chandra, Jakarta.

Pantauan merdeka.com tamu yang sudah terlihat hadir seperti Duta besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet dan beberapa Direksi Jamkrindo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.