Sukses

Restoran Sepi Pengunjung? Simak 7 Tips Berikut agar Selalu Ramai

Liputan6.com, Jakarta - Berbisnis usaha di bidang kuliner memang tidaklah mudah. Saat ini, banyak pebisnis yang merintis kariernya di bidang kuliner yang membuka resto/café.

Tentunya, kamu menginginkan usaha yang kamu bangun selalu ramai pengunjung. Tetapi, ada kalanya kamu mengalami dimana restoran sepi pengunjung. Keadaan ini bisa membuat bisnis bangkrut karena tidak adanya pemasukan dari pembeli.

Pernah terpikirkan untuk menutup restoran? Eits, jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan, hanya karna sepi pengunjung kamu mau menutup usaha kamu yang telah dibangun susah payah?

Mungkin yang kamu perlukan adalah sebuah solusi bagaimana untuk mengatasinya. Untuk itu, kamu perlu menyimak tips berikut agar restoran selalu ramai pagi, siang, sore, hingga malam, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Konsep

Poin pertama yang harus kamu perhatikan adalah konsep. Tentukan konsep yang unik agar memiliki nilai jual yang menarik. Carilah konsep yang belum dimiliki restoran lain, hal ini akan membuat pembeli mudah mengingat restoran kamu karena hanya ada satu-satunya.

2. Suasana yang nyaman

Siapa sih yang mau datang jika suasana restoran tidaklah nyaman? Pasti tidak ada, kan? Untuk itu, kamu harus membuat restoran senyaman mungkin. Caranya, jaga kebersihan restoran setiap waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Menu

Kamu bisa menyesuaikan menu yang sedang tren di kalangan anak muda. Tetapi biasanya, menu yang sedang viral hanya sebentar keberadaanya, jadi kamu bisa membuat menu sendiri yang akan menjadi andalan di restoran tapi tetap harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal.

4. Harga dan kualitas

Perlu diperhatikan juga dengan penetapan harga, jangan menjual menu yang mahal jika kualitas biasa saja. Tentu pembeli akan mikir 2 kali untuk membelinya. Tetapkanlah harga yang ramah dikatong namun kualitasnya juara, pasti restoran kamu bakal ramai.

3 dari 4 halaman

5. Fasilitas

Pembeli biasanya melihat fasilitas yang disediakan sebelum berkunjung ke restoran. Kamu bisa menyedikan toilet yang bersih, wifi gratis, tempat duduk yang nyaman, atau bisa juga menambahkan spot-spot unik untuk berfoto. Dijamin pengunjung akan puas dengan fasilitas yang disediakan.

6. Pemasaran di media sosial

Manfaatkanlah media sosial sebaik mungkin, salah satunya adalah untuk mempromosikan restoran yang kamu punya. Ini bisa menjadi salah satu wadah agar restoran kamu diketahui banyak orang.

Selain itu, kamu bisa membuat akun khusus di media sosial. Di akun itu, kamu bisa meng-update berita terbaru di restoran, seperti menu baru yang disediakan ataupun menu yang lagi promo.

4 dari 4 halaman

7. Menyediakan pelayan yang menarik

Teknolgi semakin canggih, jangan sampai restoran kamu ketinggalan zaman. Dengan mengikuti tren, kamu bisa menambahkan fasilitas lain untuk mempermudah penjualan.

Caranya, kamu bisa bekerja sama dengan go-food atau ojek online untuk mengantarkan makanan, karena ada saja orang yang malas keluar rumah untuk membelinya atau terlampau jauh dari restoran dan beralih ke online untuk memesannya.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam mengatasi restoran yang sepi pengunjung.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa me-revolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.