Sukses

Menhub: Presiden Pesan Pemudik Harus Bahagia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan hadian bagi pemudik yang memanfaatkan mudik gratis lewat angkutan laut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk sampaikan laporan persiapan angkutan mudik Lebaran.

Budi menuturkan, dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi meminta agar para pemudik bisa nyaman saat melakukan perjalanannya.

"Pesan pak Presiden agar pemudik bisa happy," kata Menteri Budi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, seperti ditulis Jumat (1/6/2018).

Kementerian Perhubungan pun menyediakan hadiah berupa motor bagi pemudik yang memanfaatkan mudik gratis lewat angkutan laut.

Hadiah diperuntukkan bagi para pemudik yang lebih memilih membawa motornya dengan kapal daripada nekat mudik naik motor. Budi menuturkan akan ada undian di atas kapal.

"Disertai dengan mendapatkan hadiah terbesar undian berupa motor. Jadi mudik gratis bersama motornya siapa tahu dapat motor lagi. Ya ini tadi supaya pemudik happy maka diadakan hal-hal yang menghibur yang bersifat suatu kegembiraan," ujar Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menhub: Jangan Ada Pungli terhadap Pemudik

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, semua jasa transportasi yang melayani pemudik harus benar-benar baik.

Budi menegaskan, ia tidak mau mendengar ada laporan pemudik kena pungutan liar (pungli) di luar kewajiban membayar tiket.

"Saya secara khusus meminta dirjen melakukan dengan baik. Saya juga mengingatkan jangan pungli terhadap pemudik karena mereka membutuhkan pengayoman," kata Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 31 Mei 2018.

Menhub menyatakan, khususnya dalam jasa angkutan laut. Dia tidak ingin lagi ada informasi yang menyebutkan pemudik yang menggunakan kapal dibebani pungli dari oknum.

Oleh karena itu, mengawali komitmennya, Kementerian Perhubungan memfasilitasi bagi para pemudik yang ingin pulang kampung gratis.

"Hal lain yang secara khusus itu ya kita lakukan mulai tahun ini. Jadi kita ingin angkutan laut ini menjadi satu pilihan. Nah oleh karenanya kita mulai dengan angkutan mudik gratis," imbuh Menhub.

Menurut Budi, banyak pemudik yang masih sangat membutuhkan sarana angkutan laut. Budi menegaskan, pelayanan juga harus ditingkatkan meski gratis.

"Banyak daerah yang membutuhkan itu, katakanlah di daerah Jawa Timur, terus di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera Utara. Itu angkutan laut menjadi angkutan yang utama," dia memungkasi.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.