Sukses

7 Tips Sukses Wawancara Kerja Melalui Skype

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk mewawancarai calon karyawannya, mulai dari bertatap muka secara langsung di kantor, maupun secara online atau bisa disebut virtual interview melalui aplikasi video call, salah satunya adalah Skype. Ini semakin sering digunakan perusahaan-perusahaan di era teknologi, terlebih lagi jika pewawancara tersebut di luar negeri.

Wawancara ini diperlukan guna mengetahui seberapa sesuai karakter calon pekerja dengan harapan perusahaan tersebut. Tidak bisa dimungkiri, perusahaan tidak hanya memerlukan pekerja yang cerdas, namun juga berkarakter. Jumlah orang yang gugur dalam tahap wawancara juga terbilang banyak. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri.

Nah, agar tahap wawancara Anda sukses dengan cara virtual interview melalui Skype, berikut tips yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman dan Sopan

Saat wawancara, Anda harus memastikan bahwa Anda merasa nyaman dengan pakaian yang Anda kenakan. Meskipun wawancara dilakukan secara online, dimana bagian tubuh Anda yang terlihat hanya sebatas bahu, bukan berarti Anda bisa sesuka hati mengenakan celana yang tidak layak seperti celana tidur.

Tetaplah berpenampilan yang sopan seakan-akan Anda sedang berhadapan langsung dengan pewawancara. Hal ini juga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda saat menjawab pertanyaan dari pewawancara. (Baca Juga: Waspada Penipuan Lowongan Kerja di Perusahaan Online Gadungan)

2. Tampilkan Wajah Segar dan Rambut Rapi

Menata rambut rapi dengan wajah yang segar ini sangat penting ketika Anda melakukan wawancara secara online. Jangan sampai wajah Anda terlihat seolah seperti bangun tidur dan rambut acak-acakan hingga menutupi sebagian wajah Anda.

Ini akan memperlihatkan bahwa Anda tidak bersikap profesional. Bukan hal mustahil, pewawancara langsung tidak berminat untuk mewawancarai Anda. Walaupun Anda memiliki segudang pengalaman, jika tidak menjaga penampilan, orang juga akan enggan untuk merekrut Anda.

2 dari 4 halaman

3. Selalu Pasang Senyum yang Ramah

Senyum dipercaya dapat mencairkan suasana. Oleh karena itu, saat wawancara, Anda sangat disarakan untuk mudah tersenyum. Selain itu, senyum juga dapat mengindikasikan bahwa Anda adalah pribadi yang terbuka dengan ide-ide baru, bahwa Anda menganut paham kesetaraan antar tiap individu.

Besar kemungkinan Anda akan merasa sangat grogi saat melakukan wawancara virtual dan rasa grogi itu membuat Anda menjadi sulit tersenyum. Oleh karena itu, banyaklah berlatih sebelum waktu wawancara tiba. (Baca Juga: Jangan Coba-Coba Kerja di Kota Besar Jika Memiliki Tipe Ini)

4. Tampilkan Background yang Baik

Saat Anda menghadiri wawancara virtual, Anda harus memastikan bahwa setiap hal yang tertangkap di kamera pewawancara adalah bagus, termasuk latar bagian belakang Anda.

Pastikan bahwa dinding Anda memiliki cat yang masih bagus. Selain itu, jika memang bukan membelakangi dinding, atau membelakangi rak buku, pastikan bahwa buku-buku yang berada pada rak tersebut tersusun rapi.

Pewawancara tentu akan melihat kesan yang buruk jika dia melihat buku-buku di rak Anda tersebut berantakan. Sebab, bagaimana cara menyusun buku-buku tersebut mencerminkan kepribadian Anda, apakah Anda seorang yang disiplin, teratur, atau lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

5. Pastikan Tidak Ada Suara Gaduh di Ruangan

Berada di tempat yang sunyi atau setidaknya tidak gaduh itu penting. Sebab, jika Anda berada di ruangan yang gaduh, maka akan memberikan kesan yang buruk di mata pewawancara. Sebab tidak menutup kemungkinan bahwa proses wawancara tidak bisa berjalan dengan lancar karena terhambat oleh suara yang gaduh yang membuat konsentrasi terpecah.

6. Jaga Jaringan Internet Anda Tetap Kuat

Berhubung Anda melakukan wawancara secara online, Anda tentunya harus memastikan bahwa tidak akan ada gangguan yang dihadapi perihal koneksi internet.

Ketika koneksi internet buruk, tentu akan mempersulit Anda dalam memahami pertanyaan yang diberikan karena bisa jadi saat si pewawancara melontarkan pertanyaan, koneksi internet Anda malah lemah atau bahkan terputus dan Anda harus menanyakan ulang pertanyaan tersebut.

Jika terlalu sering meminta mengulang pertanyaan, maka si pewawancara bisa merasa bosan dan terganggu karena menjadi tidak bisa menikmati wawancara yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, pastikan kondisi koneksi internet Anda baik.

4 dari 4 halaman

7. Buatlah Pencahayaan yang Cukup

Faktor pencahayaan juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan sebelum wawancara virtual dimulai. Pewawancara tentu ingin melihat dengan jelas wajah Anda saat wawancara berlangsung.

Oleh karena itu, pergilah ke tempat yang pencahayaannya baik dan tentunya tidak berisik. Karena pewawancara akan melihat wajah Anda, maka pastikan bahwa tampilan wajah Anda menarik. Jangan menggunakan make up berlebihan. Cukup rapi dan berdandanlah sewajarnya.

Wawancara Melalui Skype Bukanlah Hal Menakutkan

Wawancara secara online melalui Skype sangat efektif karena Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor untuk wawancara. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan kaidah dan etika sebagaimana wawancara yang dilakukan secara bertatap muka langsung.

Sebelum wawancara dimulai, pastikan bahwa Anda memang sudah siap untuk diwawancarai. Jawablah sesuai dengan diri Anda. Jangan lupa untuk terus melempar senyuman kepada pewawancara untuk menciptakan suasana hangat.

Artikel Selanjutnya
5 Ciri Orang Dewasa Pakai Media Sosial, Kamu Termasuk?
Artikel Selanjutnya
Cara Pilih Guest House Tepat agar Liburan Makin Asyik