Sukses

5 Ciri Hubungan dengan Pasangan Sehat, Kamu Termasuk?

Apakah hubungan Anda dengan pasangan sudah sehat? Kenali ciri-cirinya berikut

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang telah memiliki pasangan, tentu paham bagaimana pentingnya untuk selalu menjaga hubungan tetap baik-baik saja. Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar sebuah hubungan terjaga, salah satunya adalah komunikasi.

Namun, ternyata komunikasi saja tidaklah cukup. Agar sebuah hubungan bisa berjalan dengan baik dan sehat, masing-masing harus tahu bagaimana cara memperlakukan pasangannya. Sebab hubungan yang sehat merupakan salah satu indikasi bahwa Anda dan pasangan merasa bahagia bersama.

Anda berdua akan lebih saling memahami dan memiliki hubungan yang berkualias serta bahagia di masa depan bila tahu jurus bagaimana menciptakannya.

Lalu, apakah hubungan Anda dengan pasangan sudah demikian? Kenali ciri-cirinya seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Anda dan Pasangan Bisa Saling Menghargai

Hidup tak selalu begitu luar biasa tentunya, begitu juga hubungan Anda dengan pasangan. Penting bagi Anda dan pasangan untuk tetap saling menghargai, bahkan untuk hal-hal kecil yang tidak luar biasa sekalipun.

Pastikan ucapan terima kasih menjadi “menu” wajib yang tidak diabaikan dalam hubungan, meski Anda dan pasangan hanya melakukan hal-hal kecil biasa saja, bahkan telah menjadi rutinitas di dalam hubungan Anda. Ucapan terima kasih ini bisa menjadi salah satu indikasi saling menghargai antara satu dengan yang lainnya.

Nah, jika Anda dengan pasangan selama ini sudah terbiasa akan hal itu, maka hubungan Anda dan pasangan baik dan sehat. Tapi jika belum terbiasa akan hal ini, segera lakukan dan buktikan hasilnya. (Baca Juga: 15 Strategi Mengatur Keuangan dengan Pasangan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tidak Mengeluh dan Selalu Memberikan Pilihan

Meski Anda dan pasangan telah bersama untuk waktu yang lama, tak ada jaminan bahwa Anda berdua akan begitu saling memahami. Perbedaan pendapat bisa saja terjadi, bahkan pada hal-hal kecil yang sering berulang.

Menolak atau bahkan mengeluh pada sikapnya adalah pilihan yang tidak tepat, terutama jika pada akhirnya perbedaan ini tidak menemukan titik temu. Sesekali mengeluh tidak masalah, tapi jangan jadikan keluhan sebagai rutinitas. Untuk mengatasi hal ini, pasangan yang bijak tentu akan memberikan pilihan, sehingga pasangannya memahami dan bisa memikirkan kembali tindakan yang akan dilakukannya.

Bagaimanapun juga, memberikan pilihan seperti ini tentu akan lebih baik daripada sebuah keluhan, bukan? Nah, apakah Anda dan pasangan sudah saling memberikan pilihan dan tidak mengeluh? Jika ya, selamat, hubungan Anda sehat. (Baca Juga: Akhir Pekan Tiba! Lakukan Ini Agar Kencan Jadi Lebih Hemat)

3. Saling Memberi Ruang bagi Pasangan

Hubungan yang sehat tentu akan saling terbuka dan memiliki kebersamaan yang cukup. Namun meskipun begitu, pasangan yang memiliki hubungan sehat tentu akan memiliki batasan tersendiri bersama dengan pasangannya.

Hal ini untuk menjamin bahwa keduanya memiliki waktu yang jelas untuk berbagai kegiatan dan juga kebersamaan bersama pasangan. Tidak harus selalu bersama, setiap pasangan juga akan membutuhkan waktu sendiri untuk melakukan hal-hal yang disukainya, termasuk hobi atau bahkan hal lainnya.

Jadi, jangan clingy, tapi berikan ruang dan waktu untuk pasangan karena dia juga seorang yang memiliki kebutuhannya sendiri. Jika ternyata Anda dan pasangan sudah saling memberikan ruang, berarti Anda menjalin hubungan yang sehat bersama dia.

3 dari 3 halaman

4. Saling Memahami dan Bisa Menempatkan Diri dengan Tepat

Tidak semua yang dilakukan seseorang akan disukai oleh pasangannya. Namun hal ini tentu tidak bisa menjadi alasan bagi pasangan untuk saling mengabaikan antara satu dengan yang lainnya. Pasangan yang baik tentu akan mengerti dengan baik bagaimana cara memahami pasangannya dan bagaimana harus menempatkan diri ketika bersama pasangannya.

Sikap seperti itu hanya akan bisa terlihat pada pasangan yang benar-benar saling memahami dan memiliki ikatan yang kuat di dalam hubungannya. Apakah hubungan Anda dan pasangan demikian adanya?

5. Selalu Senang dan Saling Membahagiakan

Tentu akan mustahil membahagiakan pasangan, jika Anda saja tidak bahagia. Seseorang tentu perlu memiliki dan memahami dirinya terlebih dahulu. Sehingga mengerti apa saja yang berharga di dalam hidupnya dan bisa membuatnya bahagia.

Jika sudah begitu, maka akan bisa lebih mudah membahagiakan pasangannya. Untuk membahagiakan pasangan, Anda juga perlu bahagia, begitu juga sebaliknya. Sudahkah Anda bahagia?

Jalin Hubungan yang Sehat dan Berkualitas

Memiliki hubungan yang sehat bersama pasangan, mungkin saja menjadi salah satu harapan Anda saat ini. Pahami dan lihat kembali hubungan Anda berdua selama ini, agar Anda bisa melakukan berbagai hal yang Anda anggap perlu untuk memperbaikinya. Sehingga hubungan Anda berdua lebih sehat dan berkualitas dari sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini