Sukses

5 Tips Liburan Tanpa Ribet dan Tetap Senang Bersama Anak Kembar

Butuh perencanaan matang dan persiapan mental ekstra agar semua anggota keluarga bergembira sepanjang liburan, terutama bagi orang tua yang dikaruniai anak kembar. Simak tips berikut

Liputan6.com, Jakarta - Liburan bersama keluarga adalah salah satu momen paling dinantikan. Maka, tentunya Anda butuh persiapan maksimal supaya semuanya berjalan lancar tanpa ada drama, terutama untuk mereka yang sudah memiliki buah hati.

Tidak terkecuali bagi para orang tua yang dikaruniai anak kembar. Tentu saja butuh perencanaan matang dan persiapan mental ekstra agar semua anggota keluarga bergembira sepanjang liburan.

Dikutip dari Swara Tunaiku, supaya travelling berjalan nyaman, berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Itinerary liburan yang fokus

Menentukan tujuan dan jadwal selama liburan itu gampang-gampang susah. Seringkali tidak ingin terlalu ketat supaya ada kesempatan untuk eksplor spontan. Tapi, ingat. Liburan bersama anak kembar tidak sama kondisinya dengan liburan bersama teman. Jadwal kepergian dan tujuan sebaiknya sudah matang dan disesuaikan dengan si kembar.

Mungkin, si kembar suka diajak bermain ke tempat yang luas bernuansa alam. Bisa juga si kembar lebih anteng jika dibawa ke wahana bermain anak-anak. Dengan begini, Anda bisa hemat energi, si kembar pun tidak terlalu letih dan rewel, liburan sukses diisi dengan kegembiraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tetap lakukan rutinitas si kembar

Anak kecil umumnya punya rutinitas harian yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Misalnya, makan pada jam yang sama atau tidur satu kasur.

Oleh karena itu, saat sedang travelling pun, sebisa mungkin jangan buat si kembar terlalu ‘terkejut’ dengan mengubah jadwal secara signifikan. Karena, bisa membuat mereka relevan.

3. Siapkan semua kebutuhan mereka

Tidak seperti orang dewasa, anak kecil belum paham benda apa saja yang akan mereka butuhkan untuk dirinya. Mereka hanya tahu bahwa mereka memiliki bantal atau boneka favorit.

Maka, sebagai orang tua adalah tugasmu untuk memastikan bahwa semua kebutuhan mereka ada di tas. Mulai dari baju hingga obat-obatan. Karena, kalau di perjalanan mereka butuh dan itu tidak ada, bisa jadi repot.

3 dari 3 halaman

4. Wanti-wanti dengan kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi

Manusia bisa saja merencakan detail A-Z, namun ada saja hal-hal yang terjadi di luar skenario. Itulah kenapa Anda harus siaga dan selalu siapkan rencana cadangan. Apalagi, jika memang travelling di tempat yang belum pernah dikunjungi. Jaga-jaga kehabisan baterai ponsel, ada baiknya memiliki peta manual.

5. Hadiahi dirimu dengan membuat rencana khusus

Orang tua juga manusia. Butuh istirahat dan refreshing tentunya. Setelah menunaikan kewajiban untuk si kembar, orang tua juga butuh hiburan pastinya. Rencanakan untuk mengunjungi spot yang paling Anda impikan atau lakukan hal-hal yang menurut Anda menyenangkan. Jika orang tua menikmati liburan dan hatinya senang, si kecil pasti juga tidak akan rewel!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini