Sukses

Jokowi Incar Pasar Ekspor di Negara Pasifik Selatan

Presiden Jokowi menilai, Indonesia berpeluang besar untuk meningkatkan kerja sama di segala bidang terutama di kawasan Samudera Pasifik Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Indonesia memperkuat hubungan dagang dengan negara-negara di kawasan Samudera Pasifik Selatan. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk membuka pasar ekspor produk-produk Indonesia.

Dalam pembukaan rapat terbatas (ratas) pagi ini, Jokowi menyatakan jika Indonesia berada dalam posisi yang sangat strategis. Hal ini harusnya bisa dimanfaatkan guna meningkatkan hubungan diplomasi dan ekonomi dengan negara-negara lain, terutama yang berdekatan dengan Indonesia.

"Saya ingin mengingatkan kita semuanya bahwa negara kita memiliki letak geografis yang sangat strategis di antara dua benua dan dua samudera, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Ini yang betul-betul harus kita sadari, harus membentuk haluan politik luar negeri kita menjadi arah diplomasi politik dan ekonomi serta harus betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan nasional kita," ujar dia di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Khusus untuk negara-negara di kawasan Samudera Hindia, lanjut Jokowi, telah dibentuk forum kerja sama bernama Indian Ocean Rim Association (IORA). Namun untuk kawasan Samudera Pasifik, perlu ada inisiasi guna meningkatkan kerja sama di kawasan tersebut.‎

"Untuk negara-negara di kawasan Samudera Pasifik kita perlu terobosan untuk menggalang kerja sama yang lebih konkret, terutama kerja sama dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan yang secara geografis dekat dengan negara kita," kata dia.

Jokowi menuturkan, Indonesia berpeluang besar untuk meningkatkan kerja sama di segala bidang dengan negara-negara di kawasan ini. Tinggal bagaimana Indonesia memanfaatkan peluang tersebut.

"Saya yakin negara-negara di kawasan Pasifik Selatan seperti Nauru, Vanuatu, Fiji, Solomon Island, Samoa, Tonga, sangat terbuka bekerja sama dengan negara kita di berbagai bidang, baik menjalin hubungan antarmasyarakat di bidang budaya, pendidikan seperti bantuan beasiswa, bidang ekonomi baik investasi maupun perdagangan," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Peningkatan kerja sama dengan negara-negara ini, kata Jokowi, akan membawa keuntungan bagi Indonesia dengan melakukan penetrasi pasar ekspor bagi produk-produk dalam negeri.

"Sudah sering saya sampaikan kita harus masuk ke pasar-pasar non-tradisional, termasuk negara-negara kawasan Pasifik Selatan ini, untuk menawarkan produk unggulan industri manufaktur kita. Termasuk industri kelautan perikanan dan juga industri jasa kita, serta di bidang konstruksi, informatika. Saya lihat peluangnya sangat besar," ungkap dia.

Selain itu, peningkatan kerja sama ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mempercepat pemerataan pembangunan di wilayah timur Indonesia.

"Sekaligus menjadi koridor percepatan kawasan timur Indonesia. Kuncinya memperat konektivitas, baik konektivitas budaya, ekonomi, yang tentu saja perlu didukung oleh kelancaran konektivitas sistem transportasi kita dengan negara kasawan Pasifik Selatan," tutur dia.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.