Sukses

Tertarik Kerja di Bank? Wajib Pahami 3 Hal Penting Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja adalah suatu keharusan jika ingin memenuhi kebutuhan ataupun keinginan. Apa pun pekerjaannya, yang penting sudah ada usaha untuk menjalaninya. Ada banyak sekali jenis pekerjaan. Salah satunya adalah kerja di bank.

Jika Anda ingin bekerja di bank, tentu akan ada banyak sekali tahapan yang ditempuh agar bisa mendapatkan pekerjaan tersebut, misalnya wawancara. Wawancara sendiri adalah suatu tahapan yang harus dilalui ketika Anda hendak bekerja di sebuah perusahaan.

Sering kali orang menganggap wawancara sebagai suatu tahapan tes kerja yang menegangkan. Mengapa demikian? Sebab sesi wawancara inilah yang akan menentukan diterima atau tidaknya Anda di perusahaan tersebut.

Agar keinginan Anda untuk bekerja di bank berjalan sesuai harapan, tentu Anda sudah harus tahu seperti apa perbankan itu. Ada banyak sekali hal yang harus Anda ketahui sebelum mengikuti wawancara kerja di bank seperti yang dikutip Cermati.com berikut ini.

1. Kenali Produk Perbankan

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan wawancara untuk kerja di bank. Salah satunya adalah mencari tahu apa saja produk perbankan. Ketahuilah jika semua perusahaan pasti akan menanyakan hal tersebut kepada Anda.

Pastikan jika Anda mengetahui apa saja produk perbankan di bank tempat Anda melamar. Jangan ragu untuk mencari tahu melalui banyak sumber agar bisa menjelaskan apa yang diketahui dari produk perbankan.

Adapun beberapa pertanyaan yang biasa muncul pada sesi wawancara adalah sebagai berikut.

- Produk apa saja yang Anda ketahui dari bank ini?

Pertanyaan ini akan muncul untuk menguji seberapa besar pengetahuan Anda mengenai bank tersebut. Pihak bank menanyakan ini karena mereka ingin mendapatkan karyawan yang memang ingin sama-sama berkembang bersama mereka.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

- Apa saja kelebihan dan kekurangan bank ini menurut Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus mencari tahu dahulu sebelumnya tentang apa saja sisi positif dan negatif dari bank. Carilah informasi sebanyak mungkin dari berbagai sumber informasi yang akurat. Pastikan jika Anda menjawab dengan penuh keyakinan dan pastikan jika Anda memberikan jawaban yang jelas.

- Apa yang memotivasi Anda untuk bergabung dengan kami?

Ada banyak hal yang harus Anda pikirkan sebelum mengajukan diri untuk bekerja di bank tersebut. Misalnya, motivasi Anda dan apa saja alasan untuk bekerja di bank tersebut. Jelaskan jika Anda memiliki kemampuan yang pantas untuk bergabung dengan bank tersebut.

2. Perhatikan Penampilan Ketika Akan Wawancara

Ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan wawancara. Salah satunya adalah memerhatikan seperti apa penampilan Anda ketika akan melakukan wawancara. Pastikan jika Anda menggunakan pakaian yang rapi.

Sesi wawancara adalah sesi yang penting untuk Anda. Sebab perusahaan ingin lebih tahu seperti apa penampilan dan pribadi Anda secara langsung. Karena itu, ada baiknya persiapkan tahapan ini dengan baik. Misalnya, pakaian kemeja yang rapi, wangi yang tidak berlebihan, dan menggunakan sepatu yang sesuai dengan kondisi. (Baca Juga: Ini Dia Prospek Besaran Gaji dan Kisaran Biaya Kuliah di Bidang Teknik Informatika)

3 dari 3 halaman

3. Bagaimana Jika Ditanya Gaji?

Gaji adalah hal yang paling sensitif untuk dibicarakan. Namun, hal ini harus diperjelas di awal pertemuan sebelum Anda mulai bekerja. Jika saat wawancara Anda ditanya mengenai gaji, ada baiknya memberikan jawaban yang mantap.

Misalnya, “Saya mengharapkan gaji yang dapat mencukupi kebutuhan saya dan keluarga”. Jawaban ini sebenarnya sudah sangat baik. Namun, kalau ingin lebih mendetail, Anda bisa menjelaskan kalau Anda juga membiayai kebutuhan keluarga, seperti ayah dan ibu, sehingga Anda membutuhkan gaji yang dapat menutupi kekurangan dari kebutuhan tersebut.

Manfaat Kerja Di Bank

Ada banyak sekali manfaat bekerja di bank, di antaranya bisa mendapatkan banyak relasi atau banyak kenalan baru. Jangan ragu untuk berkenalan dengan banyak orang, terutama dengan orang-orang yang berpengaruh. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan kemampuan Anda dalam bidang tersebut.

Pastikan jika Anda memiliki etika yang baik sehingga Anda bisa bergabung dan menjalin relasi dengan banyak orang. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah pengalaman yang berharga dan tidak ternilai. Sebab setiap pengalaman akan memberikan Anda sebuah pelajaran yang berharga.

Artikel Selanjutnya
3 Rahasia Orang Sukses Atur Duit
Artikel Selanjutnya
Mau Jadi Wanita Karier yang Sukses? Coba Miliki 6 Hal Ini