Sukses

Harga Cabai dan Bawang Putih Turun

Penurunan harga cabai rawit merah hingga setengah harga dari Rp 70 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai rawit merah dan bawang putih di pasar tradisional kini terus menurun. Penurunan harga cabai rawit merah hingga separuhnya jika dibandingkan saat harga sedang tinggi-tingginya satu bulan lalu.

Uus (50), salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama mengatakan, ramainya pasokan cabai rawit merah dari penyetor menjadi faktor utama yang membuat harganya berkurang.

"Cabai rawit merah kan sempat tuh Rp 70 ribu per kg, tapi sekarang makin turun jadi Rp 35 ribu per kg. Pasokannya lagi banjir (banyak, dari penyetor), makanya harga turun," kata dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Komoditas cabai lain, yaitu cabai merah keriting juga ikut turun, dari sebelumnya Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu per kg.

"Yang stabil (tidak naik, tidak turun) paling cabai rawit hijau, tetap Rp 35 ribu per kg," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawang putih

Penurunan harga juga turun dirasakan bawang putih biasa dan cutting. Bawang putih biasa di lapak milik Uus kini dijual di angka Rp 40 ribu per kg, sementara bawang putih cutting Rp 48 ribu per kg.

Uus menuturkan, tidak hanya harga kedua komoditas itu saja yang turun, melainkan juga selisih harganya. "Kalau dulu (bawang putih) yang biasa sama yang cutting itu harganya bisa beda Rp 10 ribu, sekarang jadi cuman Rp 8 ribu," ungkapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, harga tomat buah saat ini masih terpantau stabil pada kisaran Rp 10 ribu. Penurunan harga juga dialami kentang.

"Kentang sekarang turun, dari Rp 12 ribu jadi Rp 10 ribu," tukas Uus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini