Sukses

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Karier Melejit

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan merupakan kegiatan yang rumit sekaligus cemerlang. Hebatnya, kebiasaan pribadi juga dapat mempengaruhi performa Anda saat bekerja di kantor.

Untungnya, Anda memiliki kendali atas berbagai kebiasaan pribadi. Meski memang, sebagian kebiasaan terasa sangat sulit untuk dibangun maupun diubah. Berkaitan dengan kesuksesan dalam berkarir terdapat sejumlah kebiasaan yang dapat berdampak positif.

Berikut lima kebiasaan sederhana yang perlu Anda lakukan demi mencapai karier yang lebih baik seperti dilansir dari Inc.com:

1. Siap menerima tugas

Jika ada satu kebiasaan yang harus segera Anda terapkan adalah selalu siap menerima tugas dan bertanggungjawab atas tugas tersebut. Belum ada orang yang sukses dalam berkarier tanpa sifat tanggungjawab. Selain itu, Anda juga harus bersikap aktif dalam bekerja tanpa terlihat berlebihan.

2. Lakukan hal yang tak suka dikerjakan bos

Sejumlah pengusaha sukses menyatakan, melakukan berbagai hal yang tak suka dikerjakan atasan akan membuat Anda tampak sangat bernilai. Sebaiknya, Anda hilangkan kebiasaan untuk hanya melakukan tugas pribadi semata.Mulailah kebiasaan baru dengan melihat peluang seperti bekerja secara proaktif di kantor.

 

2 dari 3 halaman

3. Jangan mengeluh dan selesaikan masalah

Kebanyakan karyawan hanya mengeluh soal pekerjaannya tanpa mencari solusi apapun. Berhentilah mengeluhkan betapa sulitnya pekerjaan, dan mulailah kebiasaan positif untuk menjadi pencari solusi.

Di berbagai perusahaan besar, para karyawan dilarang mengutarakan masalah karier tanpa membawa sedikitnya satu solusi. Kebiasaan tersebut membantu para pegawai menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

4. Membangun jaringan kerja

Saat Anda menganggap kegiatan membangun jaringan kerja sebagai kebiasaan, Anda akan bekerja dengan baik dalam tim. Lebih luas, dengan berbagai aplikasi profesional seperti LinkedIn, Anda dapat lebih mudah berkenalan dengan pemilik profesi yang tengah Anda geluti.

Dengan begitu, Anda dapat membangun jaringan profesional yang memudahkan Anda menggapai kesuksesan dalam berkarier.

3 dari 3 halaman

5. Membaca buku

Berhentilah menghabiskan banyak waktu untuk menonton program televisi. Kebiasaan tersebut tak hanya menguras waktu produktif tapi juga waktu istirahat Anda sepulang kerja.

Mulai sekarang, mulailah kebiasaan membaca buku. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh banyak pelajaran yang berdampak positif pada karir di masa depan.

Video Populer Bisnis

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ahli: Karyawan Harus Dapat Jatah Tidur Siang di Kantor
Artikel Selanjutnya
Mayoritas Pegawai Mengaku Lebih Produktif Saat Kerja di Luar Kantor