Sukses

3 Alasan Orang Kaya Susah Jatuh Miskin

Belajar menjadi orang kaya itu persoalan mudah. Yang sulit adalah bagaimana cara mempertahankan kekayaannya hingga sulit untuk jatuh miskin.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin mencetak lebih banyak uang, mempelajari cara orang kaya mengelola uang adalah tahapan pertama yang harus dipelajari. Meski sebagian orang kaya lahir dalam keadaan banyak harta, banyak juga yang bekerja dari nol untuk menyandang status miliarder.

Melansir laman Business Insider, Minggu (1/4/2018) belajar menjadi orang kaya itu persoalan mudah. Yang sulit adalah bagaimana cara mempertahankan kekayaannya hingga sulit untuk jatuh miskin.

Sebagian besar orang kaya, khususnya mereka yang berstatus miliarder sangat paham cara mengelola kekayaannya hingga hartanya nyaris tak pernah habis. Berikut 3 alasan mengapa orang kaya susah jatuh miskin:

1. Menghindari skema cepat kaya

Perencana keuangan asal New York, Laurie Samay mengatakan, salah satu kesalahpahaman adalah untuk menjadi cepat kaya tanpa terlibat dalam kegiatan finansial secara langsung. Faktanya, para pengusaha kaya lebih tertarik memelihara kekayaan meski dengan skema yang lebih lamban.

Dibandingkan mengambil risiko dengan mengikuti skema mencari uang cara cepat, para orang kaya cenderung memilih pendekatan yang lambat dan stabil saat berinvestasi. Mereka fokus pada diversifikasi.

2. Membangun banyak sumber pendapatan

Bergantung pada satu sumber pendapatan saja ternyata tidak cukup. Pasalnya, jika kehilangan pekerjaan atau bisnis mengalami kebangkrutan, Anda tetap saja membutuhkan sumber pendapatan lain untuk bertahan.

Para orang kaya menyadari ini dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi kekayaannya. Mereka biasanya memiliki bisnis sampingan, menanam saham di berbagai industri, serta terus mengembangkan bisnis ke berbagai sektor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Lain

3. Punya rencana keuangan yang matang

Orang kaya paham betapa pentingnya merekrut perenacana keuangan. Tak hanya itu, para orang kaya juga cenderung memiliki penasehat keuangan profesional guna membantunya mengelola keuangan.

Mereka menyadari pentingnya sebuah tim untuk membangun, menumbuhkan dan mempertahankan kekayaannya. Para profesional di bidang keuangan biasanya mampu membuat peta rencana untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Tak hanya itu, para profesional tersebut juga dapat membantu menjamin masa depan keuangan keluarga Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.