Sukses

Kemenperin Gandeng Anggota Bhayangkari Dongkrak Industri Kecil

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) gencar menumbuhkan wirausaha baru khususnya pada sektor industri kecil dan menengah (IKM).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) gencar menumbuhkan wirausaha baru khususnya pada sektor industri kecil dan menengah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, stabilitas sosial dan pengembangan sektor swasta yang dinamis.

Terkait hal itu, Kemenperin melalui Direktorat Jenderal industri Kecil dan Menengah (IKM) bekerja sama tentang program penumbuhan wirausaha baru industri kecil dan menengah bagi anggota Bhayangkari.

Direktur Jenderal IKM Gati Wibawaningsih mengatakan, pertumbuhan wirausaha baru memegang peranan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional.

”Mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mewujudkan perekonomian yang kokoh, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, terciptanya masyarakat adil dan makmur,” ujar dia dalam di Gedung Bhayangkari, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Ia berharap dengan kerja sama ini, anggota Bhayangkari dapat semakin diberdayakan sebagai pelaku usaha industri kecil dan menengah. Hal ini guna memajukan organisasi Bhayangkari serta memperkuat jejaring kerja sama dan produktivitas anggota Bhayangkari.

"Kedua institusi (Kemenperin dan Bhayangkari) memiliki semangat yang sama dalam menumbuhkan wirausaha baru yang dituangkan dalam suatu Nota Kesepahaman," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dia menjelaskan, kerja sama tersebut, Kementerian Perindustrian akan memberikan bimbingan teknis, sosialisasi dan pendampingan bagi para wirausaha baru.

Selain itu, Kemenperin akan memfasilitasi para wirausaha baru dalam hal pengembangan produk seperti pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual, Sertifikasi Produk, serta fasilitas desain dan kemasan produk.

"Dalam hal ini faktor-faktor pendukung seperti saluran promosi dan pemasaran juga harus dipersiapkan, karena wirausaha bukan hanya soal memproduksi, tetapi juga bagaimana menjual produk ke konsumen,” ujar Gati.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.