Sukses

Agar Uang Tak Cepat Habis, Kendalikan dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Berurusan dengan situasi keuangan, tentu saja merupakan tanggung jawab Anda sekarang dan di masa depan. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi Anda untuk bisa mengendalikan keuangan dan mendidik disiplin diri terkait masalah ini.

Ada begitu banyak cara bagaimana agar seseorang dapat mengelola keuangannya secara baik, dan berikut ini akan membahas beberapa di antaranya. Ketika Anda memahami soal keuangan atau anggaran pribadi, maka tentu saja Anda juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses saat mengelola uang Anda. 

Menurut situs Indianapolis Record, anggaran yang realistis biasanya didasarkan pada pendapatan dan pengeluaran Anda secara aktual. Sebaiknya selalu pertimbangkan semua sumber pendapatan saat menentukan penghasilan bulanan yang didapat dan bukan hanya tergantung pada gaji.

Yakinkan bahwa Anda tidak akan menghabiskan uang lebih dari kebutuhan Anda. Langkah selanjutnya, Anda harus mencantumkan segala biaya yang dikeluarkan. Sertakan semua uang yang telah dihabiskan untuk keperluan rumah tangga, biaya cicilan bulanan jika ada seperti KPR rumah atau mobil (termasuk, bahan bakar, perbaikan, dan lainnya).

Anda harus ingat tidak hanya tagihan belanja bulanan saja, tapi juga uang yang Anda keluarkan untuk makan di restoran atau belanja tak terduga lainnya. Anda harus bisa menetapkan dan membuat berapa anggaran yang dibutuhkan saat ini sehingga Anda tahu persis berapa juga pendapatan yang bisa Anda hasilkan.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Strategi hemat

Misalnya, Anda bisa menghemat uang dengan memasak lebih banyak makanan di rumah daripada membelinya di di restoran atau warung makan. Periksa pola pengeluaran uang Anda untuk mencari ide lain dalam memangkas biaya, sehingga simpanan uang Anda pun bisa bertambah.

Jika Anda melihat tagihan mulai meningkat, coba mulai melihat sekeliling rumah dengan cara cepat dan mudah demi menghemat uang. Seperti Anda bisa mengurangi tagihan listrik dengan memasang jendela baru untuk penerangan atau mengganti pemanas air lama dengan energi listrik baru yang lebih efisien.

Perbaiki juga semua kebocoran air untuk membantu menghemat tagihan air. Satu hal hebat lainnya yang dapat Anda lakukan dalam mengurangi jumlah tagihan listrik adalah mengganti peralatan elektronik lama dengan peralatan baru yang biasanya lebih hemat listrik, sehingga Anda juga dapat menghemat  pengeluaran. Selain itu cabut peralatan yang tidak perlu dipasang terus menerus agar hemat energi.

Artikel Selanjutnya
Aktivitas Transaksi Keuangan Meningkat Saat Puasa, BJB Digi Ada Solusinya
Artikel Selanjutnya
4 Tips Jitu Mengelola Uang THR agar Tak Langsung Ludes