Sukses

Reza Rahadian Imbau Warga Segera Lapor SPT Pajak Sebelum 31 Maret

Aktor Reza Rahadian mengimbau wajib pajak untuk melaporkan SPT Orang Pribadi bulan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor, Reza Rahadian bukan hanya pandai berakting di layar kaca. Sebagai warga negara, pemeran Benyamin Sueb di film Benyamin Biang Kerok ternyata juga taat membayar pajak.

"Maret adalah bulannya isi SPT pajak. Ngomongin pajak itu kewajiban warga negara. Sekarang mudah bisa pakai e-filing," kata pemilik nama lengkap Reza Rahadian Matulessy saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Pemenang Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2016 untuk film My Stupid Boss itu menceritakan upayanya untuk taat membayar pajak.

"Saya sebagai seniman membayar pajak per film dan pekerjaan apapun yang saya dapat. Per tahunnya juga membayar pajak, entah itu kekurangan pajak karena biasanya ada akumulasi setiap akhir tahun," papar Reza.

Saat ini, Reza bilang sedang mengumpulkan bukti potong pajak dari rumah produksi yang menggunakan jasanya sebagai pelaku seni peran.

"Ini sedang proses dikumpulin karena kalau Anda pekerja kantoran, oleh kantor di urus, jadi terima beres. Kalau pelaku seni yang mempekerjakan banyak pihak, maka saya harus kolek satu per satu," jelas Pria kelahiran 5 Maret 1987 itu.

Dukanya, disebutkan Reza bila ada keterlambatan pemberian bukti potong pajak dari rumah produksi maupun agensi.

"Dari merekanya ada keterlambatan belum ngasih, jadi ini coba dikumpulin. Alhamdulillah sudah hampir semua terkumpul, sehingga lapor SPT pajak sebelum akhir Maret ini," kata Reza. 

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditjen Pajak Kirim Email ke 12 Juta WP

Memasuki masa pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Tahun Pajak 2017, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak agresif mengirimkan imbauan dalam bentuk surat elektronik (email). Jumlah email yang disebar untuk lebih dari 12 juta wajib pajak (WP).

Mungkin Anda adalah salah satu WP yang mendapatkan email "cinta" tersebut?

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengungkapkan emailberisi imbauan untuk segera menyampaikan SPT Pajak Tahun 2017 dikirim ke lebih dari 12 juta WP.

"Totalnya 12 jutaan (WP)," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, pada 28 Februari 2018. 

Untuk diketahui, jumlah WP yang wajib lapor SPT mencapai 17,5 juta. Sementara batas akhir penyampaian SPT Pajak 31 Maret 2018 untuk WP Orang Pribadi (OP) dan WP Badan 30 April 2018.

Hestu Yoga menjelaskan, Ditjen Pajak mendorong WP untuk menggunakan SPT elektronik atau e-filingdalam melaporkan kewajiban pajaknya. Untuk tahun ini, target pengguna e-filing berbeda dengan tahun lalu.

"Walaupun kita dorong seluruh WP untuk memanfaatkan e-filing, tapi untuk memacu kinerja perpajakan terutama dari sisi penerimaan, sasaran target e-filing tahun ini adalah WP Badan dan WP OP nonkaryawan yang jumlahnya sekitar 6,3 juta WP," jelasnya.

Ditjen Pajak menargetkan penyampaian SPT melalui e-filing tahun ini untuk WP Badan dan WP OP nonkaryawan adalah sebesar 82 persen dari 6,3 juta WP tersebut.

"Jadi targetnya 82 persen pelaporan SPT pakai e-filing untuk WP Badan dan WP OP nonkaryawan. Itu berarti sekitar 5,2 juta WP," ujar Hestu Yoga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reza Rahadian merupakan seorang aktor, model, dan presenter asal Indonesia
    Reza Rahadian merupakan seorang aktor, model, dan presenter asal Indonesia

    Reza Rahadian

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak