Sukses

Menteri Susi Minta Lahan ke Pemda untuk Bangun Pasar Ikan Modern

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap pemerintah daerah (pemda) mengalokasikan lahan sebagai lokasi pasar ikan modern. Pembangunan pasar ikan modern diharapkan bisa mempermudah akses masyarakat terhadap ikan dan meningkatkan konsumsinya.

Hal ini Susi sampaikan saat melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta, pada Kamis (8/2/2018). Turut menemani Menteri Susi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya juga imbau semua Pemda, kasih saya tanah di kota untuk saya bangun pasar modern," kata Susi dalam acara groundbreaking Pasar Ikan Modern (PIM) Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Tak hanya mendapatkan lahan, Susi juga ingin lokasinya strategis sehingga masyarakat mau datang ke pasar ikan tersebut.

"Persoalannya Pak Anies, saya ke daerah-daerah dikasihnya di kebun bakau, jauh dari masyarakat. Siapa yang mau datang? Nyamuk saja enggak ada. Mbok kasih tanah di tengah masyarakat supaya pasar itu berguna untuk masyarakat," ungkapnya.

[Menteri Susi](http://bisnis.liputan6.com/read/3268880/menteri-susi-ibu-kota-ri-kok-tak-punya-pantai-bersih-dan-gratis?source=search "") meyakini, konsumsi ikan akan mencerdaskan masyarakat. Pasalnya, ikan mengandung banyak protein.

Dia pun mengaku lebih senang jika orang Indonesia beralih dari konsumsi daging ke ikan. Sebab, ikan bukan bahan pangan impor dan harga relatif rendah.

"Saya lebih senang kalau orang bisa mengganti daging dengan ikan. Daging itu mahal sudah gitu impor. Dan juga tinggi sekali. Ikan semahal-mahalnya ikan masih ada ikan Rp 30 ribu tongkol, mujahir Rp 15 ribu protein sama tidak beda. Rasa berbeda tapi kandungan protein sama," sambungnya.

Pihaknya meyakini, kehadiran pasar ikan mendorong masyarakat untuk mengonsumsi ikan.

"Dengan membuat pasar-pasar seperti ini di setiap kota, saya yakin akan bisa meningkatkan kesukaan masyarakat, minat masyarakat, untuk datang belanja beli. Jakarta yang begitu besar tidak ada tempat untuk men-display kelautan dan perikanan kita," tukas dia.

2 dari 2 halaman

Menteri Susi Groundbreaking Pasar Ikan Modern Muara Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Sebagai penanda peresmian, Susi yang mengenakan rompi proyek dan penutup kepala mengaduk material bangunan yang akan dipakai menjadi fondasi.

Susi berharap, pasar ikan modern bisa dibangun di setiap kota. Dengan demikian, akses masyarakat mendapatkan ikan lebih mudah dan bisa meningkatkan konsumsi.

"Dengan membuat pasar-pasar seperti ini di setiap kota, saya yakin akan bisa meningkatkan kesukaan masyarakat, minat masyarakat, untuk datang belanja dan beli," kata dia.

Pasar ikan ini dibangun pada lahan seluas 22.444 m2 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Keberadaan pasar tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian, produktivitas, dan nilai tambah produk perikanan.

Selain itu, pasar ikan dapat mengembangkan sentra bisnis kelautan dan perikanan dan meningkatkan angka konsumsi ikan.