Sukses

Rumah DP 0 Rupiah Mulai Dibangun, Begini Reaksi Warganet

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewujudkan janji kampanyenya membangun rumah DP 0 Rupiah. Apa kata warganet?

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan benar-benar mewujudkan janji kampanyenya membangun rumah dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama (ground breaking) Klapa Village pada hari ini, Kamis (18/1/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, janji rumah DP 0 rupiah diterjemahkan dalam bentuk rumah susun milik (rusunami). Keberadaannya, lanjut dia, akan memfasilitasi semua warga untuk memiliki rumah.

"Kita fasilitasi agar semua punya rumah. Skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) insyaallah bisa dijangkau warga dengan penghasilan di bawah Rp 7 juta," tambah Anies.

Rusunami DP Rp 0 itu dinamai Klapa Village yang terletak di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pembangunan Sarana Jaya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), bertugas membangun rusun DP Rp 0.

Tak ingin merasakan momen bahagia ini sendiri, Anies pun membagikan momen tersebut di media sosial miliknya. Dalam akun resmi Instagram miliknya @aniesbaswedan, Anies mengunggah beberapa foto terkait peletakan batu tersebut. Pada slide terakhir, Anies bahkan juga menggunggah sebuah video yang memperlihatkan isi salah satu contoh unit tipe 36.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isi keterangan unggahan Anies

Dalam unggahannya tersebut, Anies menuliskan keterangan mengenai rasa syukur atas terselenggaranya Ground Breaking Klapa Village, program hunian dp 0 rupiah, serta harapannya ke depan mengenai program ini.

"Hari ini bersyukur sudah terselenggara Ground Breaking Klapa Village, program hunian DP Nol. Senang karena salah satu komitmen kami didukung oleh banyak pihak.

Insya Allah hasilnya bisa dinikmati setelah pembangunan selama 1,5 tahun ke depan, dan akan bisa dijangkau oleh warga yang berpenghasilan di bawah 7 juta rupiah.

Di slide yang ke empat adalah salah satu contoh unit tipe 36 dari hunian terjangkau ini. Kami berharap para developer bisa menyelesaikan program ini tepat pada waktunya, sehingga bisa secepatnya dinikmati warga. :)," tulisnya.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Warganet

Beragam komentar yang disampaikan oleh warganet pun membanjiri unggahan tersebut. Banyak yang memuji penepatan janji Gubernur DKI Jakarta yang satu ini, hingga harapan mereka untuk dapat menempati rumah susun dp 0 rupiah ini.

"Alhamdulillah pak anies pak sandi telah mewujudkan keinginan warga DKI Jakarta mempunyai hunian, mudah-mudahan saya salah satu orang yg bisa memiliki tempat tinggal dengan DP 0 persen," tulis @andri_harisundaka.

"Alhamdulillah terjawab semua janjinya Pak..sungguh pemimpin spt Bapak yg kami harapkan ...smg Bapak di berkahi dunia akherat Amin," ujar @heri6251.

"Barakkah pak anies saya mendambakan sekali progam bapak semoga lancar kedepannnya @aniesbaswedan," tulis @aryo_dmr3.

"Pak saya mau pak, jangankan rumah DP 0% dpt rumah susun pun saya mau. Semoga cicilannya gak berat ya pak untuk yg berpenghasilan dibawah umr. Aaamiiin...," kata @crystalme17.

"Alhamdulillah. terima kasih pak Gub dan tim serta seluruh jajarannya.. semoga semua proses berjalan lancar dan orang orang yg terlibat mendapatkan pahala atas usaha dan kerja keras ini. untuk bapak/ibu yg masih berpikiran negatif.... ah sudahlah namanya jg netizen 😅✌🏻," ujar @ahmadanial03.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini