Sukses

Kahiyang-Bobby Gelar Hajatan, Tak Ada Kamar Hotel Kosong di Medan

Liputan6.com, Jakarta - Jelang resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, kamar di hotel-hotel berbintang di Medan sudah habis dipesan. Hal ini membuat tingkat keterisian (okupansi) kamar di sejumlah hotel berbintang mencapai 100 persen.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara, Denny S Wardhana, mengatakan, mayoritas tamu undangan acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini telah memesan kamar hotel sejak pekan lalu. Saat ini, kamar di hotel-hotel berbintang telah habis dipesan.

"Rata-rata sudah mulai penuh, kalau booking-an kan mulai dari minggu lalu. Tapi update-nya saat ini rata-rata sudah penuh, khususnya untuk yang bintang 4 dan bintang 5 sudah habis. Kalaupun mungkin, misalnya ada itu yang cancel. Tapi mungkin tapi tidak banyak, hanya 1-2 kamar saja paling kalau cancel," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Padahal, dia menjelaskan, jika tidak ada hajatan Kahiyang-Bobby, tingkat okupansi hotel-hotel di Medan mungkin hanya sekitar 60 persen.

"Normalnya untuk November memang cukup tinggi, sekitar 60 persen, tapi karena MICE-nya (meeting, incentives, conferences and exhibitions) yang tinggi. Makanya dengan adanya ini (ngunduh mantu) jadi full. Tapi ini kan hanya temporary saja, paling banyak lebih kurang seminggu," kata dia.

Jika pun masih ada hotel yang menyediakan kamar, kata Denny, mayoritas merupakan hotel-hotel kecil atau nonbintang. Namun semakin mendekati hari H acara Kahiyang-Bobby akan semakin sulit untuk mendapatkan kamar hotel.

"Tapi kalau hotel kecil mungkin masih ada. Walaupun mungkin tidak terlalu banyak lagi. Di sini kan hotelnya tersebar. Ada yang nonbintang kalau dia tidak dapat yang berbintang. Dengan kondisi seperti ini mungkin untuk hotel berbintang agak sulit mencarinya," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Sejak pagi

Untuk diketahui, pesta adat acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu Siregar - Bobby Nasution dimulai sejak pagi hari. Berdasarkan susunan acara yang dibagikan oleh tim media, potong kerbau menjadi agenda pembuka dari rangkaian pesta tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (24/11/2017), sekitar pukul 06.30 WIB lantunan musik khas Mandailing mulai mengalun. Tabuhan gondang dan alat musik pukul lainnya menggema di sekitaran pintu masuk VVIP lokasi acara, Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Kot Medan, Sumatera Utara.

Grup Kesenian Mandailing Gunung Kulabu Pakantan terlihat memainkan alat musik itu di bawah tenda putih dekat dengan pintu keluar tamu undangan.

Masuk pukul 07.00 WIB, mereka berhenti sejenak dan berjalan masuk ke kediaman keluarga Bobby Nasution sambil masih memainkan musik.

Semula, akan ada 10 kerbau akan dipotong dalam acara ini. Hanya saja melihat kondisi, maka prosesi ritual hanya dilakukan secara simbolis dengan menggunakan satu kerbau saja.

Kepala kerbau menjadi persembahan dengan derajat paling tinggi dalam tradisi budaya Batak. Hal itu juga disebut sebagai simbol keagungan.