Sukses

9 Ide Seru Weekend Murah Bersama Keluarga

Liputan6.com, Jakarta - Setelah rutinitas yang padat selama 5 hari kerja, inilah waktunya untuk menikmati akhir pekan Anda bersama keluarga. Anda mungkin sudah membayangkan berbagai aktivitas menyenangkan dengan anak-anak dan pasangan.

Tapi, tunggu dulu. Ini tanggal berapa? Mulai masuk tanggal tua, namun awal bulan masih lama. Anda mesti realistis mempersiapkan satu pekan ke depan sebelum waktunya gajian. Ini artinya Anda mesti pintar-pintar mengatur pengeluaran.

Tapi jangan khawatir, Anda masih tetap bisa bersenang-senang dengan biaya terbatas kok. Dikutip dari Danaxtra.com, Sabtu (25/11/2017), Anda masih bisa menikmati weekend hemat yang menyenangkan.

1. Kunjungi Museum atau Galeri Seni

Jalan-jalan ke museum bisa jadi ide yang menarik untuk akhir pekan. Selain hemat dan cenderung murah meriah, Anda bisa menambah pengetahuan anak-anak tentang sejarah yang penting untuk diketahui.

Hampir semua kota besar di Indonesia memiliki museum yang penuh nilai sejarah penting dan harus dilestarikan. Kalau di Jakarta, Anda bisa mengajak anak-anak di kawasan Kota Tua, Musium Nasional, atau museum yang ada di Taman Mini Indonesia Indah.

Jika tidak berminat pergi ke museum, Anda juga bisa mengajak mereka mengunjungi pameran. Setiap akhir pekan biasanya ada banyak jenis pameran yang bisa dikunjungi. Pameran lukisan, otomotif, bahkan pameran pernikahan. Tiket masuk pameran biasanya juga cukup murah, bahkan ada yang gratis.

Dengan berkunjung ke pameran, Anda bisa melihat banyak pilihan produk atau jasa. Biasanya di sana juga sering ada berbagai tawaran promo menarik yang bisa Anda manfaatkan.

2. Hirup Udara Segar di Taman Kota

Anda menyukai suasana alam? Akhir pekan ini Anda bisa ajak anak-anak untuk mengunjungi taman kota atau bertualang ke hutan. Nikmati suasananya yang sejuk, hirup dalam-dalam oksigen yang berlimpah untuk mencuci paru-paru Anda.

Kegiatan ini bisa Anda kombinasikan dengan jogging yang menyehatkan. Tak perlu banyak biaya ke luar kota. Mengelilingi kota saja sudah cukup sebagai ajang piknik. Dijamin isi dompet Anda pun tidak perlu terkuras.

3. Olahraga di Car Free Day

Ingin liburan sekaligus mengajak anak-anak olahraga? Car free day, jawabannya. Anda bisa mengajak si kecil untuk sepedaan atau jogging bareng keluarga. Aktivitas seru ini tidak butuh biaya. Paling hanya perlu siapkan uang jajan sekadarnya untuk membeli pernak-pernik menarik di sekitar area.

Manfaat tambahannya, Anda bisa sekalian mengenalkan beberapa lokasi yang dilewati car free day. Seperti gedung bersejarah, atau momen-momen tidak terduga yang ditemukan selama car free day.

Setelah olahraga, Anda sekeluarga bisa sarapan bareng di sana. Sesekali makan di luar tidak apa-apa, kan?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

4-6

4. Keliling Kota dengan Angkutan Umum

Ini juga seru. Anda bisa memanfaatkan fasilitas angkutan umum bersama anak-anak. Misalnya naik KRL dari dan ke berbagai stasiun. Atau naik transjakarta keliling kota.

Turun saja di mana yang anak-anak dan Anda kehendaki. Sekadar untuk minum es kelapa muda, atau singgah di pasar buku bekas dekat terminal.

Anda tetap bisa menikmati weekend hemat yang menyenangkan dengan cara bersahaja.

5. Manfaatkan Kartu Kredit untuk Nonton Irit

Anak-anak merengek minta nonton film baru yang sedang dibicarakan teman-temannya? Coba cek website atau googling untuk mencari informasi promo akhir pekan dari bank penerbit kartu kredit Anda.

Jika ada, mengapa tidak Anda manfaatkan promo tersebut untuk menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan? Banyak kartu kredit yang memiliki program promo beli satu tiket nonton bioskop gratis satu.

Jika Anda pergi dengan anak-anak, bukankah ini sangat hemat? Syaratnya tentu bukan di bioskop mahal yang berada di mal elit yang harga tiket akhir pekannya di atas Rp 100 ribu.

Sebaiknya jangan membeli makanan di bioskop itu karena harganya mahal. Lebih baik Anda membeli makanan di luar ketimbang di dalam bioskop.

6. Movie Date dengan Kostum Seru

Coba cek koleksi DVD Anda, cari film-film yang cocok untuk anak-anak? Ayo hidupkan imajinasi Anda seperti anak-anak. Jadikan rumah Anda sebagai movie theater dadakan.

Siapkan sebuah movie date dengan si kecil. Izinkan mereka mengajak beberapa teman kecilnya. Pasti sangat seru. Siapkan camilan seperti popcorn atau kudapan lain yang disukai anak-anak. Dengan begitu, mereka akan lebih betah lagi untuk movie date di rumah.

Agar makin seru, siapkan kostum lucu yang bisa dipakai saat nonton film. Jika perlu, Anda bisa siapkan kostum yang sesuai dengan karakter dalam film. Mereka pasti akan betah nonton filmya.

Dijamin, momen tersebut akan menjadi bahan obrolan mereka seharian. Mungkin sampai beberapa hari mendatang, Percayalah, momen-momen sederhana nan istimewa seperti itu akan menjadi salah satu warna hidup yang akan selalu dikenang anak Anda dan kawan-kawannya.

Memang akan sedikit bising dan mungkin ada bekas kotoran sisa makan dan mungkin kostum para penonton cilik yang heboh tersebut.

Namun itu mudah diatasi dengan menyertakan mereka untuk membersihkan dan merapikan bersama. Sekalian melatih dan menanamkan karakter bertanggungjawab.

 

3 dari 3 halaman

7-9

7. Memasak bersama

Meski terlihat sederhana dan jarang terpikirkan, memasak bersama bisa menjadi aktivitas mengisi liburan yang menyenangkan. Anda bisa mengajari si kecil bagaimana mengolah makanan. Misalnya cara mencuci sayuran yang benar, cara memotong hingga mengolahnya.

Dengan begitu, mereka akan mengetahui bagaimana proses mengolah makanan sebelum berakhir di atas meja makan. Sambil beraktivitas, Anda bisa menyelipkan banyak pesan dalam proses ini. Misalnya pelajaran agar tidak menyia-nyiakan makanan. Cara memilih makanan sehat. Cara menjaga kebersihan makanan. Dan berbagai value lainnya.

Kalau perlu usulkan anak Anda untuk mengajak teman-temannya membuat kudapan yang mereka sukai.

Jika dapur Anda terlalu sempit, tidak masalah aktivitas itu dilakukan di teras. Agar menarik, Anda bisa siapkan cetakan dengan bentuk yang lucu-lucu seru. Misalnya bentuk bintang, bunga, binatang dan berbagai bentuk lain yang seru. Dijamin akan seru dan heboh.

8. Berkebun di Teras

Kelas berkebun untuk anak-anak sedang hits, lho. Beberapa komunitas menjadikannya sebagai sebuah proyek wisata. Berbiaya tentunya. Mau lebih seru dan hemat? Anda tidak perlu mengirimkan si kecil ke sana.

Ajak mereka berkebun bareng di rumah. Hitung-hitung sekalian mempercantik halaman rumah, bukan. Tak masalah jika lahan yang Anda miliki sangat sempit. Anda bisa manfaatkan pot-pot atau plastik-plastik bekas, botol, ember atau kaleng bekas sebagai wadah tanam.

Ajak mereka mengecat ulang dengan warna-warna pilihan masing-masing, letakkan dan gantungkan di berbagai tempat untuk menambah keindahan teras Anda. Dijamin anak-anak pun akan merasa ikut bangga.

9. Kemah Seru di Halaman rumah

Ini salah satu ide pilihan weekend hemat yang seru. Aktivitas ini bisa mengasah kemandirian dan kerja tim dengan si buah hati! Sekali waktu, coba Anda ajak mereka berkemah. Tidak perlu jauh-jauh ke bumi perkemahan atau gunung, Anda bisa memanfaatkan halaman rumah sebagai area kemah. Ajak keponakan atau teman main si kecil untuk gabung bersama.

Keuntungannya banyak. Anda tidak perlu sewa tempat, transportasi, dan bisa mengawasi anak-anak dengan leluasa. Satu lagi, Anda juga bisa mengajarkan beberapa keterampilan hidup.

Ajarkan cara memasang tenda, menggelar tikar, dan mempersiapkan makanan. Wah, si kecil pasti akan lebih terampil dan lebih cakap dalam bersosialisasi. Agar lebih hemat, perlengkapan kemah bisa dipinjam dari teman atau kerabat.

Bagaimana, sudah dapat inspirasi untuk weekend ini? Jangan sampai horor tanggal tua menghilangkan kegembiraan keluarga Anda.

Selamat berakhir pekan.

Emosi Ditagih Utang, Pria Bunuh Rekan Sendiri

Tutup Video