Sukses

Dituding Korupsi, Intip Gaya Hidup Mewah Pangeran Arab

Sebelum ditangkap, Pangeran Alwaleed Bin Talal ini terkenal akan hartanya yang melimpah dan gaya hidupnya yang mewah.

Liputan6.com, Riyadh - Nama Pangeran Alwaleed Bin Talal tengah banyak diperbincangkan media saat ini. Keputusan Raja Salman yang memecat dan menangkap sejumlah petinggi kerajaan pada Sabtu 4 November 2017 berefek pada sejumlah pemangku kepentingan Arab Saudi, salah satunya adalah Pangeran Alwaleed Bin Talal.

Sebelum ditangkap, pangeran satu ini terkenal akan hartanya yang melimpah dan gaya hidupnya yang mewah. Hidup mewah sejak kecil membuatnya tak segan-segan memperlakukan dirinya sendiri sebagai raja. Namun, lulusan Menlo College dan Syracuse University ini tidak bermanja diri dan mampu mendirikan perusahaan sendiri.

Keahliannya berinvestasi membuat dia menjadi satu-satunya investor asing terbesar yang tidak berasal dari Amerika Serikat (AS). Pria yang satu ini bahkan dijuluki sebagai `Warren Buffett` Arab Saudi karena kehebatannya berinvestasi.

Bagaimana gaya hidup papan atas yang dilakukan Pangeran Alwaleed? Berikut ulasannya melansir Business Insider, Senin (6/11/2017).

1. Punya pesawat pribadi berlapis emas

miliarder satu ini dikabarkan memiliki pesawat pribadi yang terdiri dari tiga lantai, dengan kamar mandi ala Turki, concert hall, ruang utama, serta garasi untuk mobil Roll Royce. Tidak hanya itu, seluruh interior pesawat ini juga dilapisi dengan emas. Pesawat ini diproyeksi seharga US$ 500 juta.

2. Tinggal di rumah bak istana

Meski dijuluki sebagai Warren Buffett Arab Saudi, sikap Alwaleed sangat bertolakbelakang dengan pakar investasi asal AS tersebut. Tidak seperti Buffett yang terkenal dengan kesederhanannya, Alwaleed justru populer karena kemewahannya.

Bayangkan saja, rumahnya yang bernilai US$ 130 juta tampak megah berdiri bagaikan istana. Rumah tersebut bahkan memiliki garasi yang mampu menampung lebih dari 300 mobil yang dimilikinya. Selain itu, pesawat terbang pribadi Airbus A380 juga terparkir di rumahnya.

3. Pemilik salah satu kapal pesiar terbesar di dunia dan berbagai kendaraan mewah

Alwaleed juga memiliki kapal pesiar pribadi terbesar ketiga di dunia yang disebut dengan Kingdom 5KR. Yacht ini sempat dibeli oleh pengusaha kaya lainnya, Donald Trump. Namun, Pangeran Alwaleed membelinya kembali ketika Trump menghadapi masa sulit.

Pangeran Al-Waleed juga hobi mengoleksi mobil mewah dengan harga selangit. Dalam laporan terbaru, Al-Waleed mengoleksi Rolls Royce Phantom, Mercedes Benz SL 600 dan masih banyak mobil lainnya seperti Lamborghini dan Ferrari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekayaan berlimpah dalam bentuk perhiasan

4. Kekayaan berlimpah dalam bentuk perhiasan

Kerry Dolan dari Forbes pernah mengunjungi Pangeran Arab Saudi ini pada 2009 silam. Dalam laporannya, Al-Waleed memamerkan koleksi perhiasan yang mengesankan.

Kerry mengatakan, pangeran punya kalung berlian serta zamrud seukuran telur burung yang menjadi perhiasan kalungnya. Kemudian ada anting-anting dan cincin sebagai pelengkapnya. Satu set perhiasan ini disebut mencapai 200 karat dengan harga US$ 40 juta per set.

Masih ada perhiasan lain dengan estimasi nilai keseluruhan mencapai US$ 700 juta

5. Bangun hotel Rp 10 Triliun di Mesir

Pada Agustus lalu, Pangeran Alwaleed Bin Talal memiliki keinginan untuk membangun sejumlah hotel di Mesir. Tak tanggung-tanggung, dana yang diinvestasikannya mencapai US$ 800 juta atau setara lebih dari Rp 10 triliun (kurs 1 US$ = Rp 13.323).

Pria ini juga akan berinvestasi untuk memperluas resor Four seasons yang terletak di Sharm el-Sheikh. Ia juga akan membangun dua hotel baru di al-Alamein, sebuah kota di teluk mediterania Mesir dan rusun tinggal di bagian timur Kairo.

 

3 dari 3 halaman

Punya saham di perusahaan top dunia

6. Punya saham di perusahaan top dunia

Pangeran Alwaleed punya saham di sejumlah perusahaan top dunia. Tapi yang paling berkontribusi pada kesuksesannya adalah andilnya membesarkan Citigroup dan Kingdom Holdings.

Ia pertama kali menanam saham di Citigroup di tahun 90-an. Sementara, sahamnya di Kingdom Holdings sendiri mencapai 95 persen.

7. Investor di perusahaan kelas kakap dunia

Sebagai seorang pebisnis top, ia tahu betul kalau kekayaannya bisa terus tumbuh dengan tak berhenti berinvestasi. Inilah mengapa keponakan Raja Salman ini juga berprofesi investor di perusahaan kelas kakap dunia, yakni Twitter Inc., JD.com Inc., Four Seasons hotel dan Accor Hotels.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.