Sukses

Enaknya Jadi Karyawan, Ini 8 Keuntungan yang Bisa Dinikmati

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang menjadi karyawan tidak bisa kaya dan mempunyai banyak keuntungan? Kalimat ini mungkin akan terdengar kontradiktif dengan kita yang mempunyai pola pikir sebagai pebisnis. Mempunyai banyak bisnis dan berkembang adalah impian banyak orang. Akan tetapi tidak selamanya juga seorang karyawan tidak mempunyai peluang untuk memiliki usaha dan menjadi sukses.

Pada hakikatnya, karyawan adalah orang yang bekerja untuk menjalankan usaha milik pebisnis. Dan pebisnis adalah orang yang membuka peluang bagi karyawan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan untuk menjadi seorang pebisnis dapat dimulai dari seorang karyawan.

Seorang karyawan juga mempunyai peluang yang sama, betapa tidak seorang karyawan juga mempunyai keahlian dan pengetahuan menjalankan sebuah bisnis. Namun yang membedakan antara keduanya adalah pola pikir dan keberanian mengambil risiko.

Kedua profesi tersebut sejatinya adalah profesi yang saling membutuhkan. Menjadi seorang karyawan sebenarnya mempunyai keuntungan tersendiri, apa saja keuntungan menjadi karyawan yang dapat kita nikmati? Ini ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Bisa Menikmati Cuti

Menjadi karyawan berbeda dengan pebisnis, karyawan mempunyai waktu libur dan jatah cuti. Jadi, manfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya dengan meninggalkan dan meletakkan sementara tanggung jawab pekerjaan di kantor.

Seorang pebisnis tidak akan mempunyai waktu cuti dan terkadang tidak mempunyai waktu libur yang teratur karena tanggung jawabnya yang besar terhadap bisnisnya.

2. Mengajukan Cicilan Pinjaman Lebih Mudah

Ada lagi yang menjadi keuntungan bagi seorang karyawan, yaitu mengajukan cicilan untuk pinjaman akan lebih mudah. Lembaga keuangan akan lebih memudahkan administrasi untuk pengajuan seorang karyawan.

Mereka hanya membutuhkan surat penghasilan atau slip gaji. Selanjutnya akan melakukan survei di tempat kita bekerja.

3. Sedikit Risiko

Seperti kita ketahui karyawan mempunyai minim risiko dalam finansial bulanan. Betapa tidak, karyawan akan selalu menerima gaji tiap bulan dan untuk risiko dari kelangsungan hidup perusahaan tidak akan menjadi beban secara langsung bagi seorang karayawan.

Risiko bagi seorang karyawan adalah menerima pemutusan hubungan kerja apabila keadaan perusahaan dalam kondisi yang buruk atau performa kita dinilai buruk oleh perusahaan tempat kita bekerja.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Jam Kerja Teratur

Waktu kerja seorang karyawan akan lebih teratur dibandingkan dengan pebisnis. Karyawan mempunyai jam kerja dan jam pulang secara teratur. Termasuk waktu libur yang juga teratur. Semua pekerjaan yang dikerjakan pada saat waktu libur akan dihitung oleh perusahaan sebagai waktu lembur.

Uang tersebut adalah uang tambahan atas hasil kerja yang telah kita lakukan. Dan uang tersebut adalah uang tambahan di luar gaji bulanan yang kita terima. Sudah pasti ini adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi kita.

5. Bisa Lebih Fokus

Menjadi seorang karyawan bisa lebih fokus dalam pekerjaan, kita cenderung bekerja pada tanggung jawab yang akan digeluti. Kita akan menggeluti dan mengembangkan apa yang sudah menjadi tanggung jawab kita dengan tim yang ada di sekitar kita. Dengan begitu, kita bisa dapat membagi waktu kita karena fokus pekerjaan yang kita kerjakan.

6. Murah untuk Asuransi

Selain itu, karyawan juga mempunyai kelebihan pada dana asuransi yang lebih murah. Banyak perusahaan asuransi yang memberikan program asuransi untuk karyawan. Termasuk asuransi pemerintah yang diwajibkan diikuti oleh semua perusahaan. Dana asuransi milik pemerintah ini sangat murah untuk dipotongkan pada gaji bulanan milik kita.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

7. Ada Dana Pensiun

Untuk seorang karyawan, kita bisa memiliki dana untuk hari tua atau pensiun. Jadi, selepas dari bekerja pada usia tua kita bisa memiliki dana pensiun. Biasanya dana pensiun ini akan diberikan dengan pilihan pesangon ataukah dana pensiun berupa dana yang dapat kita ambil setiap bulan.

Dana pensiun ini mempunyai jumlah beragam, bergantung dengan lama kita bekerja dan perusahaan yang menaungi kita.

8. Bisa Travelling Gratis

Satu lagi yang membuat karyawan dapat mengambil keuntungan adalah menikmati perjalanan dinas. Perjalanan dinas dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri, selain bekerja di luar kantor dan dapat membuang rasa bosan.

Perjalanan dinas luar kota atau luar daerah, bahkan luar negeri sekalipun akan menjadi keuntungan bagi kita, sehingga dapat menikmati kota yang kita kunjungi dengan gratis. Betapa tidak, karena untuk semua transportasi dan akomodasi tersebut sudah pasti ditanggung oleh kantor kita.

Bersyukur dan Menikmati

Apapun profesi kita, sudah sepatutnya kita bersyukur dan menikmatinya. Kita dapat menikmati menjadi seorang karyawan dengan berbagai macam keuntungan yang kita dapatkan.

Bukan berarti kita harus terlena dan tidak mencoba lompatan untuk menjadi seorang pebisnis kecil-kecilan, namun peluang itu tetap akan masih kita bisa dapatkan.

Loading