Sukses

Terlalu Cepat Resign Bisa Buruk untuk Karier Anda

Pikirkan empat hal penting ini sebelum Anda memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaan Anda sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Senin semakin terasa menyebalkan bagi Anda? Terpikir untuk resign kerja dalam waktu dekat? Jangan buru-buru menyerahkan surat pengunduran diri pada kantor Anda. Keputusan mengundurkan dari pekerjaan merupakan keputusan besar.

Walau sah-sah saja berpindah kantor, pastikan keputusan tersebut berdasarkan alasan yang jelas, matang dan tidak emosional. Pikirkan empat hal penting ini sebelum Anda memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaan Anda sekarang, hasil riset HaloMoney.co.id:

1. Rumput tetangga selalu lebih hijau

Pepatah ini sering benar. Seseorang kerap terpukau dengan “kehebatan” tempat kerja orang lain. Padahal, belum tentu apa yang dilihat dan dengar adalah seperti yang sebenarnya.

Sebelum memutuskan resign, cobalah menyisihkan waktu sejenak untuk mendaftar kelebihan dan kekurangan tempat kerja Anda saat ini. Apakah kelebihannya masih lebih banyak? Apakah masih banyak peluang Anda berkembang di sana?

2. Apa yang Anda jual selanjutnya?

Anda sudah bosan di tempat kerja sekarang dan sudah tak sabar melompat ke perusahaan baru. Pertanyaannya, apa, sih, yang akan Anda tawarkan pada perusahaan baru di depan sana? Apakah Anda memang layak diberikan penghargaan lebih dibandingkan kantor Anda sekarang?

Baik dari sisi gaji, tanggungjawab dan lain sebagainya. Bila Anda resign sekadar karena alasan yang emosional tanpa bisa memperjelas daya tawar Anda di depan nanti, ketidaknyamanan yang sama akan berulang lagi. Yang apes, ketika akhirnya Anda terhenti mendapatkan ganti pekerjaan yang tidak lebih baik dan tidak lebih menguntungkan bagi karier Anda.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Risiko reputasi

Jarang sekali perusahaan yang senang dengan karyawan dengan bakat “kutu loncat”. Sering bergonta ganti pekerjaan dalam jangka waktu singkat, bisa mengirim pesan yang salah pada pengembangan karier Anda ke depan.

Orang bisa menilai Anda sebagai orang yang pembosan, senang cari masalah, oportunis, tidak memiliki fokus jelas, dan hal-hal lain yang kurang positif bagi pembentukan citra profesional Anda. Baca juga: Kredit Tanpa Agunan Tanpa Syarat Punya Kartu Kredit

4. Konsekuensi

Mungkin Anda mendapat tawaran gaji yang jauh lebih menarik di pekerjaan baru. Bayangan akan mendapatkan pendapatan lebih besar tentu membuat Anda bersemangat. Belum lagi berbagai fasilitas dan benefit lain yang diberikan oleh calon kantor baru.

Namun, percayalah, tidak ada  makan siang yang gratis. Pekerjaan dengan gaji menarik dan fasilitas keren hampir pasti menuntut tanggungjawab yang tidak sedikit.

Berhitunglah juga tentang waktu yang akan Anda habiskan untuk pekerjaan tersebut, tingkat fleksibilitas dan hal lain yang akan Anda hadapi begitu resign dan berpindah kantor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.