Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Direncanakan Sejak 1980-an, Waduk Karian Terbangun di Era Jokowi

Liputan6.com, Lebak Bendungan atau Waduk Karian di Kabupaten Lebak, Banten mulai dibangun pada 2015. Proyek waduk ketiga terbesar di Indonesia ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 1980-an. 

"Waduk Karian ini sudah direncanakan sejak tahun 1980-an. Kemudian tiga tahun yang lalu kita ekseskusi untuk dikerjakan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi lokasi proyek Bendungan Karian di Lebak, Rabu (4/10/2017)

Jokowi mengatakan ini merupakan waduk terbesar ketiga di Indonesia, setelah Waduk Jatiluhur dan Jatigede. Bendungan ini bisa menampung 314 juta m3 air.

Bendungan Karian akan memberi manfaat bagi masyarakat di Provinsi Banten dan sekitarnya. Pasalnya, bendungan ini akan mengairi 22 ribu ha lahan sawah.

Serta menjadi sumber air baku baik untuk Provinsi Banten dan Jakarta. Selain itu, bendungan ini akan menjadi sumber pembangkit listrik.

Jokowi mengatakan, pembangunan Bendungan Karian akan lebih cepat dari target semula. Mulanya bendungan ini ditargetkan rampung 2020.

"Iya memang setelah melihat lapangan direncanakan selesai 2020. Tapi setelah melihat lapangan kemudian pekerjaan bisa dipercepat nanti pertengahan 2019 Insya Allah bisa selesai," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

33 Bendungan Sudah Terbangun

Pemerintah menjadikan infrastruktur sebagai salah satu prioritas utama. Sebab itu, pembangunan infrastruktur terus didorong. Tidak hanya jalan, pemerintah juga membangun infrastruktur lain seperti waduk atau bendungan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah menargetkan pembangunan 49 waduk. Hingga saat ini, 33 waduh telah dibangun. Pembangunan proyek berlangsung secara bertahap hingga 49 waduk bisa tuntas terbangun.

"Kita ini kalau bicara waduk secara keseluruhan sampai saat ini kita telah bangun 33 waduk, dari 49 yang kita rencanakan. Tahun depan akan ada tambah 11 waduk lagi akan dibangun. Tahun depannya lagi sisanya," kata dia di lokasi proyek Bendungan Karian, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (4/10/2017).

Khusus Bendungan Karian, dia menuturkan, merupakan bendungan ketiga terbesar di Indonesia. Bendungan Karian mampu menampung 314 juta m3 air. "Kita harapkan bisa mengairi 22 ribu ha di Provinsi Banten," kata dia.

Dia menambahkan, bendungan ini akan menyediakan sumber air baku di Provinsi Banten dan sebagian Jakarta. Selain itu, bendungan ini akan menjadi sumber pasokan listrik.

Menurut Jokowi, mulanya Bendungan Karian akan rampung dibangun pada tahun 2020. Namun, karena dipercepat, bendungan ini bakal rampung pertengahan 2019. "Tapi setelah lihat lapangan pertengahan 2019 insyaallah bisa selesai," tukas dia.

 

Loading