Sukses

Mau Jalan-Jalan Gratis? Geluti 8 Profesi Ini

Siapa nih yang mau jalan-jalan gratis tetapi masih dapat gaji?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi yang punya hobi traveling, pasti serasa mendapatkan durian runtuh ketika dapat kesempatan untuk bekerja sekaligus jalan-jalan. Misalnya nih, kamu bekerja sebagai jurnalis dan harus meliput hingga keluar negeri. Meski masih dalam konteks bekerja, toh kamu tetap bisa jalan-jalan selama di luar negeri,  bukan?  

Hal ini belum terhitung dengan pengalaman dan ilmu yang bisa kamu dapatkan. Seperti mengenal daerah setempat serta isu yang tengah ada di sana. Beruntung lagi kalau kamu bekerja saat ada libur panjang. Artinya, kamu bisa nambah durasi tinggal, tuh. Inilah yang namanya baru surga dunia. Niatnya bekerja tetapi dapat bonus liburan di tempat yang tak terduga.  

Nah, selain jurnalis, profesi apa saja ya yang bisa kamu pilih untuk bisa bekerja sekaligus jalan-jalan? Ini nih 8 profesi yang tidak hanya menghasilkan uang tapi juga bisa jalan-jalan gratis, seperti dikutip Swara Tunaiku:

1. Fotografer

Buat kamu  yang punya hobi memfoto dan ingin menekuni dunia fotografi, tidak ada salahnya mencoba menjadi fotografer profesional. Selain memfoto, kamu juga berkesempatan untuk jalan-jalan ke luar kota hingga ke pelosok dunia.

Mengapa? Karena bisa saja kamu dapat tugas untuk mengambil foto tentang suatu fenomena atau peristiwa yang tengah terjadi di suatu tempat.  

2. Travel Blogger

Apakah kamu yang hobi jalan-jalan ingin menjadi seorang travel blogger? Karena pada dasarnya nih pekerjaan ini adalah perpaduan antara hobi jalan-jalan dan menulis. Selepas mengunjungi suatu tempat wisata, kamu harus menuliskan cerita perjalananmu.

Baik review tempat wisata hingga tips jalan-jalan ke destinasi tersebut. Bisa juga nih kamu menuliskan tentang kuliner khas, akomodasi ke destinasi  wisata, hingga transportasi.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tour Leader

Inilah pekerjaan favorit bagi yang suka jalan-jalan yaitu professional tour leader. Kapan lagi nih kamu membawa wisatawan sekaligus berstatus sebagai wisatawan? Profesi inilah yang akan mengajakmu mengelilingi banyak tempat.

Namun, ada beberapa kemampuan yang harus kamu kuasai agar bisa menjadi tour leader. Seperti kemampuan public speaking dan mengetahui seluk-beluk destinasi wisata yang dikunjungi. Karena nantinya, kamu harus memberikan penjelasan kepada wisatawan terkait tempat wisata yang dikunjungi.   

4. Aktivis

Kamu yang bercita-cita melakukan pengabdian di masyarakat bisa menjadi aktivis dan bekerja di lembaga swadaya masyarakat (LSM). Selain memperkaya diri dengan wawasan lingkungan di tempat baru serta isu yang berkembang, kamu bisa sekalian jalan-jalan.

Kadang, memang menjadi aktivis banyak tantangannya dan cukup melelahkan. Namun, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri ketika terjun langsung  di masyarakat dan bisa memberikan bantuan kepada mereka. Khususnya nih, buat kamu yang punya jiwa sosial dan bercita-cita membuat perubahan di masyarakat.

3 dari 4 halaman

5. Travel Agent

Dengan menjadi travel agent, kamu bisa meraup banyak untung sekaligus plesir ke banyak tempat. Jika tertarik dengan profesi ini, coba untuk menambah wawasanmu akan destinasi wisata di seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Nantinya, kamu bisa memimpin tour liburan dalam maupun luar negeri yang menjadi  klien dari travel agent-mu.  

6. Pramugari atau pilot

Tidak hanya gaji besar yang membuat profesi pilot dan pramugari dilirik banyak orang. Namun, kamu juga berkesempatan untuk mengunjungi banyak kota di dalam hingga di luar negeri.

Apalagi nih, pada penerbangan tertentu kamu bisa beristirahat pada suatu kota selama satu hingga dua hari nih sebelum terbang kembali. Bayangkan saja, kalau kamu bisa liburan sehari atau dua hari di Australia, Korea Selatan, hingga Jepang? Asyik banget pastinya!

4 dari 4 halaman

7. Diplomat atau staf kedutaan

Ada satu profesi yang pas untuk seseorang dengan karakter mudah bosan tetapi tidak mau dari dunia birokrasi. Profesi ini adalah staf kedutaan atau diplomat. Dengan menjadi seorang diplomat, kamu akan ditempatkan pada suatu negara tertentu dan menjadi representasi negara.  

Dengan menjadi diplomat maupun staf kedutaan, memungkinkan kamu untuk berpindah-pindah negara sesuai dengan tempat penugasan. Namun, menjadi seorang diplomat tidaklah mudah.

Karena kamu dituntut memiliki kemampuan dalam berdiplomasi dan menguasai bahasa asing. Kalau kamu sudah membekali diri dengan dua hal ini, niscaya bisa jadi diplomat dan jalan-jalan di tempat kamu ditugaskan nih.  
 
8. Au pair
Apakah kamu pernah mendengar profesi au pair? Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke luar negeri seperti Eropa dan  Australia. Au pair sendiri merupakan sebuah profesi asisten domestik. Asisten domestik ini memiliki tanggung jawab untuk mengasuh anak hingga membantu pekerjaan rumah tangga.

Kamu akan tinggal bersama host family dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Secara tidak langsung, kamu bisa nih belajar bahasa negara yang kamu tuju hingga berkesempatan untuk tinggal di luar negeri.

Nah, kalau kamu memang ingin ke luar negeri dan menyukai anak-anak, bisa mencoba menjadi au pair. Cari informasi lengkapnya di internet untuk mengetahui detail dan syarat au pair.

Kedelapan profesi di atas merupakan beberapa contoh pekerjaan yang bisa mengantarkanmu jalan-jalan gratis. Kalau kamu sudah lelah menabung untuk traveling seru ke berbagai tempat, coba saja menekuni satu profesi yang telah disebutkan di atas. Karena kamu bisa mengumpulkan uang sekaligus jalan-jalan gratis!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.