Sukses

Jurus Kemnaker Bikin Pekerja RI Lebih Terampil

Selama ini, pertumbuhan ekonomi masih banyak bergantung dari sumber daya alam (SDA).

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyiapkan grand design penyiapan kompetensi tenaga kerja yang masif. Keberadaan rencana induk kompetensi tenaga kerja ini terkait pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai sumber pertumbuhan ekonomi di masa depan.

Apalagi, selama ini pertumbuhan ekonomi masih banyak bergantung dari sumber daya alam (SDA). "Masalah SDM itu sangat strategis dan kompleks. Untuk itulah perlu segera disiapkan grand design-nya, agar ke depan tidak lagi bergantung kepada SDA, melainkan melalui sumber daya atau keterampilan SDM," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri, seperti dikutip Jumat (4/8/2017).

Ditegaskan Menaker Hanif, grand design yang rencananya keluar dalam waktu dekat karena terkait dengan alokasi sumber daya. Selama ini, dalam setiap pelatihan kerja, pihaknya memiliki kekurangan alokasi, baik anggaran maupun sumber daya. Selama ini alokasi pelatihan banyak terserap di sektor pendidikan.

"Padahal pelatihan itu juga teramat penting memperlukan perhatian, mengingat ada jutaan tenaga kerja yang masuk, " ujar dia.

Menaker menegaskan, pihaknya bersama akademisi dan praktisi sepakat perlu dibangunnya ekosistem yang baik untuk mendukung terciptanya grand design penyiapan kompetensi tenaga kerja.

Seluruh stakeholder atau pemangku amanah di lingkungan kemnaker mulai dari pemda, industri maupun swasta harus bisa membangun ekosistem yang positif agar mampu berkompetisi dengan ekosistem yang dibangun negara lain.  

"Kompetisi bukan hanya dari sisi pekerja, tapi juga ekosistem karena itu yang membentuk pekerja. Kami ingin ada kerja sama yang kuat antara pemerintah dengan pemda, swasta (Kadin), maupun stakeholder lain, " kata Menaker.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.