Sukses

Menhub Minta Pemudik agar Manfaatkan Angkutan Motor Gratis

Saat ini Kementerian Perhubungan sedang aktif melakukan sosialisasi kepada pemudik terkait angkutan mudik Lebaran dengan menggunakan kapal.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan siapkan subsidi angkutan kapal roll on-roll off (RoRo) sebanyak 50 ribu untuk mengangkut penumpang dan motor gratis pada masa angkutan Lebaran 2017, dengan rincian 32 ribu penumpang dan 18 ribu sepeda motor tujuan Jakarta ke Jawa Tengah.

Saat ini Kementerian Perhubungan sedang aktif menyosialisasikan kepada pemudik terkait angkutan mudik Lebaran dengan menggunakan kapal yang tidak hanya dapat mengangkut penumpang, tapi juga barang.

"Kami sosialisasikan supaya okupansi bagus. Kapal ini menjadi suatu potensi yang bagus, suatu jalan terbaik untuk Lebaran mendatang dengan menambah angkutan mudik melalui kapal. Kalau jalan raya, jalan tol, kereta kan terbatas, tetapi dengan kapal itu ruang dan waktu masih banyak," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (9/5/2017).

Budi Karya menjelaskan, beroperasinya kapal RoRo ini difungsikan untuk mengurangi beban jalan bagi truk yang melewati jalur pantura.

"Kapal RoRo saat Lebaran kita fungsikan untuk angkutan truk ke Semarang, terutama truk yang memiliki lebih dari dua sumbu karena terdapat larangan truk di beberapa jalan tertentu," kata Budi Karya.

Ia menambahkan, kapal RoRo ini menjadi salah satu cara menyelesaikan padatnya angkutan truk dari Jakarta menuju Semarang dan Surabaya. Menurutnya, itu karena akan mengurangi tekanan atau beban jalan utama Jakarta-Surabaya sekaligus angka kecelakaan lalu lintas.

Kementerian Perhubungan sudah berkoordinasi dengan ASDP Indonesia Ferry terkait beroperasinya Kapal RoRo tujuan Tanjung Priok ke Panjang Lampung yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran bagi masyarakat yang akan mudik ke wilayah Sumatera.

"Kapal RoRo dari Tanjung Priuk ke Panjang Lampung sudah ada tiga. Kita sudah koordinasi dengan ASDP, satu yang kita minta kapal yang dioperasikan harus besar, kedua kapalnya berkecepatan tinggi sehingga daya serap untuk mengangkut lebih besar," kata Budi Karya.

Menhub mengimbau masyarakat dapat memanfaatkan mudik gratis dengan angkutan kapal RoRo tersebut, selain hemat biaya dan tenaga juga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas khususnya pengendara sepeda motor di jalur pantura dan selatan.

“Saya minta pemudik bisa memaksimalkan penggunaan mudik gratis dengan kapal RoRo. Kita bisa istirahat, hemat tenaga, hemat biaya, selamat, terhindar dari bahaya kecelakaan yang sering terjadi jalur pantura”, tegas Menhub. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.