Sukses

4 Cara Mudah Menurunkan Tagihan Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kartu kredit saat ini begitu mudah. Proses mengajukan kartu kredit sekarang dapat dilakukan secara online, kapan saja dan dari mana saja.

Anda tidak mengisi data singkat secara online di situs online terpercaya yang melayani pengajuan kartu kredit. Selanjutnya data Anda akan dilengkapi oleh tim back end situs online tersebut sebelum diajukan ke bank.

Tidak sampai sebulan, jika semua persyaratan terpenuhi, Anda sudah dapat memiliki kartu kredit yang siap digunakan untuk bertransaksi berbagai kebutuhan.

Hanya saja, banyak pemilik kartu kredit tidak mengetahui kebutuhan apa saja yang sebaiknya digunakan dengan kartu kredit. Akibatnya, pemilik kartu kredit memiliki lonjakan tagihan dan cicilan hanya dalam beberapa bulan saja setelah menerima kartu kredit.  

Setelah cicilan dan tagihan melonjak, pemilik kartu kredit harus memutar otak untuk menyelesaikan tagihannya dan segera menyelesaikan semua utang kartu kredit.

Pada saat itulah pemilik kartu kredit harus segera mengurangi tagihan agar terbebas dari utang kartu kredit. Bagaimana caranya? Berikut ini tips dari Halomoney.co.id:   

1. Sebaiknya membayar tagihan secara penuh

Jika keuangan Anda tidak mencukupi untuk membayar penuh semua tagihan, usahakan membayar tagihan sebesar 50 persen dari total tagihan.

Jangan pernah lagi membayar tagihan dengan pembayaran minimal, karena utang yang menumpuk akibat Anda membayar tagihan secara minimal.

Pada bulan berikutnya Anda melunasi sisa tagihan sebesar 50 persen. Jangan lupa Anda akan terkena bunga dari sisa tagihan bulan sebelumnya. Agar Anda bisa membayar tagihan hingga 50 persen tentu harus memaksakan diri mengalokasikan dana dan mengurangi pos belanja lainnya.   
Baca juga: 4 Pilihan untuk Mengatasi Utang Agar Tidak Semakin Menumpuk

2. Berhenti sementara menggunakan kartu kredit

Penghentian ini terutama untuk kebutuhan yang langsung habis. Seperti belanja makanan, belanja minuman, tiket nonton, atau membeli paket liburan. Kebutuhan ini dapat Anda jalankan lagi setelah semua tagihan lunas dibayar.

Batas limit

3. Setop menggunakan kartu kredit saat mendekati batas limit

Alangkah tidak bijak apabila Anda memakai kartu kredit saat kartu kredit Anda sudah masuk batas limit penggunaan.

Jika Anda tetap menggunakan kartu kredit Anda hingga melebihi limit, Anda akan terkena biaya over limit yang besarannya sekitar 5 persen dari dana over limit atau minimal Rp 50.000. Sehingga tagihan Anda sulit untuk selesai.

4. Berhenti membaca informasi diskon atau mengikuti event diskon

Promo diskon sering mendorong Anda untuk bertransaksi dengan kartu kredit. Seperti untuk wisata, berbelanja, hingga dining di restoran. Tidak ada salahnya Anda menjauh dulu dari rencana berbelanja hingga tagihan kartu kredit lunas.   

Loading