Sukses

RI Tawarkan Proyek Migas ke Arab Saudi

Kedua pemimpin sepakat untuk segera menindaklanjuti segala kesepakatan-kesepakatan yang dibahas dengan mengirimkan para menterinya.

Liputan6.com, Bogor - Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Salman Al Saud dari Arab Saudi menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama. Kesepakatan ini memperbaiki kerja sama yang selama ini sudah terjalin.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, ada 11 nota kesepahaman perjanjian yang telah ditandatangani kedua negara. Salah satunya, terkait The Saudi Fund Contribution to the Financing of Development Project senilai US$ 1 miliar.

"Presiden juga menyambut baik ditandatanganinya refining development masterplan program Cilacap antara Pertamina dan Aramco senilai US$ 6 miliar serta mendorong basic engineering design dan pembentukan joint venture dapat segera dilakukan," kata Retno di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).

Selain itu, Presiden Jokowi juga menawarkan beberapa proyek kepada Arab Saudi untuk menanamkan investasinya. Misalnya, proyek refining development masterplan program di Dumai, Balongan dan Bontang.

Kemudian pembangunan PLTU Mulut Tambang di Jambi, pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur jalan, water resources, drinking water, sanitasi, dan perumahan.

"Untuk menindaklanjuti pertemuan antara kedua pemimpin, maka kedua pemimpin sepakat untuk segera menindaklanjuti segala kesepakatan-kesepakatan yang dibahas dengan mengirimkan para menterinya," ucap Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.