Sukses

​3 Strategi Sukses Merintis Bisnis Baru

Membangun suatu bisnis baru menjadi bisnis yang sukses tidak hanya tentang memiliki mimpi besar.

Liputan6.com, Jakarta Membangun suatu bisnis baru menjadi bisnis yang sukses tidak hanya tentang memiliki mimpi besar. Ada banyak hal dan langkah nyata yang harus dilakukan untuk meningkatkan keberhasilannya.

Selain itu, dibutuhkan kerja keras dan dedikasi jika ingin mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Dengan memiliki visi dan tujuan yang jelas, maka bisnis pun diharapkan bisa terus berjalan.

Sebagai pengusaha,  sikap jujur, kemampuan beradaptasi dengan karyawan dan pelanggan juga harus selalu dibangun agar tercipta keharmonisan dalam bekerja.

Melansir laman Business.iafrica, tiga tips di bawah ini dapat diterapkan bagi pengusaha baru yang  ingin membangun bisnis dan menjadikannya bisnis yang sukses:

1. Fokus

Sangat penting bagi pengusaha untuk bisa tetap fokus, terutama jika baru membangun dan menjalankan bisnis. Kesalahan umum yang sering terjadi adalah pengusaha tidak fokus dengan tujuan bisnis yang ingin dicapai.

Karenanya jika sudah punya tujuan, dari awal usahakan tetap fokus dan melakukan yang terbaik, hal ini tentunya akan membantu bisnis Anda tumbuh secara organik, seperti jika Anda menjual produk makanan, tetap jaga standar kualitas, kebersihan dan jika mungkin temukan cara bagaimana produk Anda akan selalu dicari oleh pelanggan.

 2. Kendalikan keuangan

Saat memulai bisnis memang dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Karenanya bijaklah dalam pengelolaan keuangan. Ketahui setiap pengeluaran dan pemasukan yang didapat. Ketahui juga berapa keuntungan yang sudah dihasilkan.

Untuk membangunnya, Anda pun harus melalui proses yang tidak gampang. Pahami tentang bagaimana sistem keuangan yang baik dalam berbisnis, banyak modul dan tips yang bisa dipelajari, bisa melalui buku, youtube atau bisa juga ikut seminar yang diadakan para profesional.

Selain itu, sebisa mungkin hindari mengambil hutang yang tidak perlu, dan bayarlah cicilan Anda tepat waktu. Jika Anda tidak dapat membayar tepat waktu karena keadaan yang tak terduga, buat rencana dan selalu siapkan dana tak terduga, hal ini demi menjaga sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

 3. Punya rencana ke depan

Menjalankan bisnis tentu Anda ingin bagaimana agar bisnis bisa terus berjalan dan berkesinambungan, karena itu sedari awal Anda harus membuat perencanaan menengah dan tujuan jangka panjang, beri perhatian khusus untuk anggaran, strategi dan rencana untuk masa depan bisnis Anda.

Memiliki rencana sangatlah penting agar bisnis dapat tumbuh secara sehat dan seimbang. Pemilik bisnis harus meneliti apa saja yang sudah dilakukan hari ini dan sudahkah ada tujuan yang tercapai, jika sudah apa yang akan Anda lakukan lagi selanjutnya, begitu seterusnya.

Jangan pernah ada istilah bosan merencanakan tujuan, karena tanpa itu percayalah Anda tidak akan bersemangat dalam membangun bisnis.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini