Sukses

Ekonomi RI Tumbuh 5,02 Persen di 2016, Ini Reaksi Menko Darmin

Pada kuartal IV 2016, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,94 persen atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya 5,02 persen.

Liputan6.com, Jakarta Realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2016 tercatat sebesar 5,02 persen. Pada kuartal IV 2016, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,94 persen atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya 5,02 persen.

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional sedikit tertekan akibat berkurangnya belanja pemerintah. Itu seiring langkah pemerintah yang memutuskan untuk mengkoreksi penerimaan.

"Sedikit di bawah tapi ya memang bagaimanapun kalau dilihat faktor apa yang mendorong ke arah itu memang penerimaan kita waktu itu memang tidak begitu baik. Makanya, dilakukan pemotongan anggaran. Tetapi  kalau anda lihat, faktor apa yang negatif sebagai sumber dari pertumbuhan itu karena konsumsi pemerintah," jelas dia di Kantor International National Single Window (INSW) di Jalan Pramuka Jakarta, Senin (6/2/2017).

Namun, dia menuturkan sejauh ini pertumbuhan ekonomi Indonesia  masih positif. Ini karena telah melampaui angka 5 persen.

"Tapi paling tidak takaran dari penurunannya itu boleh dikatakan masih oke, sehingga pertumbuhan kita masih baik sehingga di atas 5 sedikit," ujar dia.

Darmin mengatakan, kinerja ekspor impor nasional juga positif. Dia optimistis kinerja ekspor bakal berkelanjutan.

"Kalau melihat tendensinya sih walaupun mungkin angkanya tidak bergerak cepat ke atas tapi kelihatannya iya karena kalau dilihat beberapa bulan terakhir berkelanjutan kok. Kalau dibandingkan dengan sebelum setahun yang lalu itu masih belum, itu masih baru," tandas dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.