Sukses

Dapat Angpau Saat Imlek? Ini 6 Cara Atur agar Tak Habis Percuma

Mendapat angpau saat Imlek bisa menjadi keberuntungan sendiri bagi Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Memberikan angpau merupakan suatu tradisi dan budaya Masyarakat Tionghoa saat merayakan Tahun baru Imlek. Uang tersebut nantinya bisa menjadi tambahan untuk membeli keperluan yang diinginkan.

Apabila Anda mendapat angpau saat Imlek, maka hal tersebut bisa menjadi keberuntungan sendiri bagi Anda. Tapi jangan lupa, uang tersebut harus bisa disalurkan dengan baik agar tidak habis percuma.

Berikut 5 cara yang bisa Anda terapkan melansir Business Insider, Sabtu (28/1/2017)

1. Buat rencana

Hal pertama yang Anda harus lakukan dengan uang bonus tersebut adalah membuat rencana pengeluaran. Rencana ini nantinya berguna sebagai patokan Anda dalam membuat pengeluaran. Alhasil nantinya uang tersebut pun dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.

2. Beli barang sesuai kebutuhan

Uang tambahan yang didapat pasti sering dimanfaatkan untuk membeli barang yang Anda inginkan. Tapi ingat, jangan habiskan semua uang Anda hanya untuk berbelanja. Jangan lupa juga untuk membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan, bukan hanya Anda inginkan.

3. Salurkan untuk dana darurat

Memiliki dana darurat (emergency fund) sama penting seperti miliki tabungan pensiun dan asuransi. Alokasi dana darurat adalah sejumlah uang yang berfungsi sebagai dana segar/sumber tunai untuk hal-hal tak terduga.

Dengan begitu dana ini adalah dana talangan. Daripada menghabiskan uang untuk keperluan tak perlu, Anda bisa menyalurkan uang angpau untuk hal ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bayar cicilan

4. Bayar cicilan

Beberapa orang ada yang memiliki cicilan yang masih menunggu untuk dilunasi. Anda bisa memakai uang angpau yang didapat untuk menutup hutang Anda disini. Sebab dengan melakukan hal ini, Anda akan terbebas dari kemungkinan menunggak pembayaran dan terkena sanksi berupa denda karena terlambat membayar.

5. Sisihkan untuk investasi

Agar tak habis percuma, minimal sisakan 10 persen dana yang Anda dapat untuk ditabung atau berinvestasi. Uang yang Anda dapatkan juga bisa digunakan sebagai modal awal berbisnis. Dengan begini, uang yang Anda dapatkan bisa diputar untuk mendapat untung lebih besar.

6. Pertimbangkan rencana jangka pajang

Uang angpau tersebut juga bisa Anda gunakan untuk membiayai rencana jangka panjang. Apabila Anda memiliki rencana untuk membeli rumah atau kredit kendaraan bermotor maka hal tersebut dapat diwujudkan dengan menggunakan uang dari bonus yang didapat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini