Sukses

Pulau Terpencil di Papua Ini Kini Bisa Nikmati Pasokan Listrik

Penyaluran listrik ini merupakan salah satu program Papua Terang di mana PLN harus melistriki sekitar 2.500 desa hingga tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta Warga di Pulau Nusmapi yang berlokasi di Manokwari, Papua, kini bisa menikmati aliran listrik. Ini seiring langkah PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) yang meresmikan listrik desa atau kampung di wilayah tersebut.

Penyaluran listrik ini merupakan salah satu program Papua Terang, di mana PLN harus melistriki sekitar 2.500 desa hingga tahun 2019. Hingga saat ini desa yang sudah mendapatkan aliran listrik lebih 1.200 desa di Papua dan Papua Barat.

"Dengan program Papua Terang 2020, maka masyarakat di Pulau Nusmapi ini dapat menikmati listrik," kata Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Haryanto WS di Jakarta, Sabtu (17/12/2016).

Dia mengatakan, pada tahun depan PLN menganggarkan dana sekitar Rp 1,7 triliun untuk mengalirkan listrik ke berbagai wilayah di Indonesia.

"Untuk tahun 2017 nanti, kami menganggarkan tidak kurang dari Rp 1,7 triliun dana yang akan diberikan untuk melistriki kurang lebih 390 desa dan 9 ibukota kabupaten yang belum berlistrik PLN di Papua dan Papua Barat," tambah dia.

Gubernur Papua Barat Abraham Oktavianus Atururi mengapresiasi langkah yang telah dilakukan PLN. Keberadaan listrik diharapkan dapat mendorong perekonomian wilayah tersebut.

"Adanya program Papua Terang sebagai bagian dari program Indonesia Terang merupakan salah satu wujud PLN untuk menerangi Tanah Papua ini. Kami dari Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada PLN karena telah memberikan listrik kepada desa/kampung di Papua Barat ini sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat yang ada di Papua Barat," kata dia.

Dia juga meminta supaya PLN memberikan perhatian lebih pada Manokwari.

"Saya juga berpesan kepada PLN agar dapat memberikan perhatian lebih kepada Papua Barat, khususnya Manokwari yang merupakan ibu kota provinsi," tandas dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

Video Terkini