Sukses

5 Tips yang Membuat Profil LinkedIn Anda Sempurna

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru lulus kuliah tentunya masih mencari tahu langkah karier apa yang akan diambil, dan pekerjaan apa yang akan ditekuni ke depannya. Membuat profil Linkedin yang menonjol bisa jadi salah satu pilihan untuk menarik HRD.

Bukan hanya bagi kalangan profesional, LinkedIn juga sangat bermanfaat bagi lulusan baru untuk mendapatkan peluang karier terbaik.

Mengapa membangun profil LinkedIn penting? Hal ini disebabkan karena sembilan dari 10 perekrut menggunakan Linkedin sebagai sarana mencari kandidat terbaik bagi perusahaan. Dan 75 persen dari perekrut mensurvei Linkedin kandidat terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menerimanya.

Berikut lima tips yang bisa membuat profil LinkedIn Anda menarik seperti dikutip dari Karir.com:

1. Tambahkan foto agar langsung dikenali

Dengan menggunakan foto, membantu Anda untuk lebih dikenali oleh followers Anda di LinkedIn. Foto yang digunakan tak perlu mewah, asalkan Anda bisa menempatkan foto pada porsinya. Misalnya, Anda bisa berfoto selfie semi formal menggunakan pakaian yang nyaman saat Anda bekerja, atau foto formal agar terlihat lebih profesional.

Satu hal yang harus diingat sebelum mengunggah foto ke LinkedIn yaitu jangan mengunggah foto bersama teman atau binatang. Dengan mengunggah foto di LinkedIn, memudahkan perekrut dalam proses pencarian kandidat dan memiliki Viewers 21 kali lebih banyak dari yang tidak menggunakan foto profil.

2. Tonjolkan latar belakang pendidikan beserta pengalaman yang pernah Anda dapat

Tonjolkan latar belakang pendidikan beserta pengalaman yang pernah Anda dapat.jpegLatar belakang pendidikan Anda menunjukkan siapa Anda dan apa yang Anda kuasai. Hal lain yang bisa Anda cantumkan pada profil LinkedIn agar menarik HRD yaitu kursus dan organisasi yang pernah Anda geluti, serta berbagai sertifikasi dan penghargaan yang Anda dapatkan.

Tidak perlu merasa minder saat Anda belum memiliki pengalaman profesional sama sekali, karena pengalaman magang atau menjadi volunteer bisa menunjukkan keterampilan Anda sebagai kandidat yang cukup potensial.

2 dari 2 halaman

Tonjolkan kemampuan


3. Tonjolkan kemampuan Anda di beberapa bidang untuk mendapat endorsement dan rekomendasi

Selain mencantumkan latar belakang pendidikan, kursus, pengalaman kerja, atau penghargaan yang Anda dapatkan, cantumkan juga kemampuan-kemampuan lain yang Anda miliki di bidang tertentu. Karena biasanya, dalam mencari kandidat terbaik, setiap perusahaan akan melihat kemampuan yang dimiliki calon karyawannya terlebih dahulu.

Kemampuan seperti mudah berkomunikasi, dapat berpikir kritis, dan dapat bekerja secara individu maupun teamwork dengan baik juga bisa jadi nilai plus di profil LinkedIn Anda.

4. Gunakan summary Anda untuk menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya

Gunakan summary Anda untuk menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya.jpegMengapa summary sangat diperlukan untuk menjadikan profil LinkedIn Anda sempurna? Letaknya yang berada di atas, menjadi sorotan utama bagi perekrut.

Untuk itu, tulislah summary semenarik mungkin, Anda bisa mendeskripsikan tentang diri Anda dengan unik dan berani agar menarik perhatian HRD. Misalnya: “Saya seorang penulis yang terbiasa menulis 12 artikel perhari.” Dengan menjadi luar biasa, kesempatan dilirik pun akan lebih besar.

5. Selalu update dan tetap terhubung dengan followers

Usahakan untuk selalu memposting sesuatu di LinkedIn Anda, entah memposting suatu artikel, atau menulis tentang suatu topik yang Anda tahu dan Anda anggap bermanfaat, serta lihatlah berapa banyak orang yang melihat atau bahkan membagikan tulisan Anda di LinkedIn mereka.

Dengan lebih dari enam peluang pekerjaan yang tersedia, kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan impian semakin terbuka lebar. Jadi, pastikan Anda sudah membuat profil LinkedIn sebaik mungkin, karena LinkedIn adalah bagian dari perjalanan karier Anda.

Loading