Sukses

Tiru Tiongkok, Pertamina Ingin Bangun Kilang Sendiri

Tiongkok saat ini bisa membangun kilang sendiri mulai dari desain hingga‎ teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - ‎PT Pertamina (Persero) tengah gencar menggaet investor luar negeri untuk bisa bekerjasama dalam pembangunan kilang minyak di dalam negeri. Ini dikarenakan pembangunan kilang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

"Investasi kilang minyak itu cukup tinggi, makanya untuk mempercepat kemandirian energi ada beberapa kita kerjasama dengan perusahaan luar negeri," kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam acara Sarasehan Nasional Alumni Teknik Elektro ITS di SCTV Tower, Sabtu, 19 November 2016.

Namun demikian, Dwi mengaku memiliki cita-cita untuk suatu saat nanti perusahaannya mampu membangun kilang sendiri, bahkan bisa membangun kilang di negara lain.

Untuk mewujdukan‎ mimpinya itu, dia mencoba mengadopsi apa yang dilakukan oleh Tiongkok. Dulunya, Tiongkok juga membuka peluang selebar-lebarnya untuk perusahaan asing dalam pembangunan infrastruktur energinya.

Dalam pembangunannya, diceritakan Dwi, Tiongkok selalu mengikutsertakan para enginer-enginer‎ terbaiknya. Ini dimaksudkan agar mereka bisa mencuri ilmu dari perusahaan-perusahaan yang sudah berpengalaman tersebut.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya Tiongkok saat ini bisa membangun kilang sendiri mulai dari desain, hingga‎ teknologi yang diterapkannya.

"Oleh karena itu, di Pertamina ini saya coba, desain pertama model eropa, kilang kedua kita bangun sendiri dengan model yang sudah ada, kilang ketiga kita tambah-tambahin desain sendiri, kilang keempat kita bisa jualan ke negara lain," papar Dwi.

Dari mengakui program yang ia terapkan tersebut memang bersifat jangka panjang. Untuk itu dirinya berharap siapapun Dirut Pertamina nanti dan siapapun Presidennya kelak, bisa melanjutkan program tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini