Sukses

Apa Kabar Pembangunan Proyek Tanggul Raksasa Jakarta?

Kementerian PPN masih terus mengejar finalisasi kajian terhadap proyek NCID mengingat kebutuhan yang mendesak terhadap ancaman banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan rencana pembangunan tanggul raksasa berbentuk burung garuda (giant sea wall) atau National Capital Coastal Development (NCICD) di Utara Jakarta? Proyek tersebut  sedang dikaji oleh Bappenas dan dijanjikan rampung pada Oktober 2016.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengaku, Kementerian PPN masih terus mengejar finalisasi kajian terhadap proyek NCICD mengingat kebutuhan yang mendesak terhadap ancaman banjir di Jakarta.

"Kami masih mengkaji. Yang pasti Jakarta berada dalam ancaman tenggelam‎, jadi giant sea wall itu suatu kebutuhan," ujar dia saat ditemui di kampus Universitas Indonesia, Depok, Minggu (2/10/2016).

Kementerian PPN, dia bilang, tinggal menetapkan desain tanggul raksasa karena proyek tersebut dipisahkan dengan proyek reklamasi di Pantai Utara Jakarta.

"Tinggal desain giant sea wall seperti apa dan dipisahkan giant sea wall dengan reklamasi. Kecuali itu nanti disatukan. Kita masih lihat opsi mana yang terbaik," tutur dia. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini