Sukses

Pertamina Retail Target Miliki 1.000 SPBU di 2020

Pertamina Retail ingin target kepemilikan SPBU tersebut bisa terealisasi pada tahun 2020.

Liputan6.com, Jakarta Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Retail menargetkan untuk menambah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) miliknya hingga berjumlah 1.000 unit di seluruh pelosok Indonesia.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Pertamina Retail Toharso, yang mengatakan target ini diharapkan bisa terealisasi pada 2020.

Saat ini SPBU yang dimiliki dan dikelola sendiri atau SPBU Company Owned Company Operated (COCO) milik Pertamina Retail berjumlah 136 unit.

Jumlah tersebut akan terus ditambah demi bisa melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan bakar.

"Kita akan mengembangkan jumlah SPBU yang dimiliki oleh pihak Pertamina sendiri, totalnya akan kita targetkan memiliki 1.000 unit SPBU COCO hingga tahun 2020 nanti," tuturnya ketika ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jumat (30/9/2016).

Dalam merealisasikan targetnya tersebut Pertamina Retail menyiapkan beberapa strategi.

Toharso menjelaskan bahwa untuk menambah unit SPBU mereka bisa membeli SPBU milik swasta, menjalin kerja sama operasi dengan swasta ataupun membangun SPBU baru dari nol.

Strategi membeli dari swasta dianggap paling efektif. Menurutnya, ada 280 unit SPBU swasta yang ditawarkan ke Pertamina Retail. "Tiap minggu kita negosiasi," ujar Toharso.

Pada 2017 nanti Pertamina Retail akan menginvestasikan dana Rp 1 triliun untuk penambahan unit SPBU.(Vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini