Sukses

Warga Lhoksukon Nikmati Aliran Gas dari Pertagas

Lhoksukon jadi kota kedua di Aceh yang menikmati program gas kota.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Gas (Pertagas) memasok gas untuk warga Lhoksukon, Aceh seiring adanya jaringan gas kota. Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (KESDM) telah menyerahkan pembangunan jaringan gas kota kepada PT Pertamina (Persero) yang masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2015.

Presiden Direktur PT Pertagas Niaga, Linda Sunarti‎ mengatakan PT Pertamina (Persero) membeli gas dari sumur gas Pertamina Hulu Energi NSO/NSB, dengan pasokan 0,5 MMSCFD untuk mensuplai jaringan gas kota sebanyak 4 ribu sambungan rumah tangga ini. Jatah gas tersebut digunakan juga untuk mensuplai kebutuhan gas kota di Lhokseumawe pada Mei 2016.  

"Kota Lhoksukon adalah kota kedua di Aceh yang menikmati program gas kota setelah kota Lhokseumawe," kata Linda, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Selanjutnya Pertamina menunjuk afiliasinya, PT Pertagas Niaga untuk mengelola jaringan gas kota yang bekerja sama dengan BUMD Kabupaten Lhoksukon, PD Pase Energy. Wilayah Lhoksukon yang dialiri gas kota adalah kecamatan Lhoksukon dan Tanah Luas.

"Kami harapkan seluruh jaringan gas kota Lhoksukon ini bisa segera gas in dalam beberapa bulan ke depan sehingga warga bisa menikmati keuntungan gas kota. Dengan biaya gas kota Rp 5.913/m3 yang ditetapkan oleh BPH Migas, harapannya akan bisa meringankan beban masyarakat," jelas Linda.

Linda berharap, masyarakat bisa menjaga instalasi jaringan dengan baik sehingga instalasi gas kota dapat terus terawat dan keamanannya terjaga. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini