Sukses

Pecahkan Rekor, Jas Perdana Menteri India Terjual Rp 9,2 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah jas yang dikenakan Perdana Menteri India Narendra Modi menjadi sorotan dunia. Hal ini terjadi lantaran jas mewah tersebut baru saja mencetak rekor sebagai pakaian termahal yang terjual dalam lelang. 

Jas tersebut tercatat dalam buku Guinness World Record setelah terjual dengan harga US$ 693 ribu atau sekitar Rp 9,2 miliar (asumsi kurs Rp 13.232 per dolar Amerika Serikat).

Melansir laman ibtimes.com, Selasa (23/8/2016), jas tersebut dibeli oleh pedagang berlian bernama Laljibhai Tulsibai Patel. Selain Patel, beberapa nama miliarder asal India juga dikabarkan menawar jas tersebut.

Jas yang digunakan oleh Perdana Menteri Narendra Modi merupakan hadiah dari seorang pebisnis di hari pernikahan anaknya. Jas tersebut kemudian dipakai Modi ketika bertemu Presiden Barack Obama pada Januari lalu.

Sebelumnya, jas tersebut juga menuai kritikan pedas dari masyarakat. Bagaimana tidak, jas tersebut dirajut dengan benang emas bertuliskan nama panjangnya, 'Narendra Damodardas Modi'. Kecaman tersebut dialamatkan padanya karena Modi dinilai tidak berempati terhadap masalah kemiskinan yang masih membelenggu sebagian besar warga India.

Selain jas, beberapa barang lain juga ikut dalam lelang. Termasuk 455 hadiah yang Modi terima sejak menjabat sebagai perdana menteri pada Mei tahun lalu.

Dana hasil lelang akan disumbangkan ke Nanami Gange Fund, sebuah proyek yang bertujuan membersihkan Sungai Gangga yang tercemar berat. Sungai tersebut dianggap suci oleh umat Hindu di Negara India. (Vna/Ahm)