Sukses

Tips Siapkan Dana Pendidikan Sambut Tahun Ajaran Baru

Perencana keuangan mengingatkan menyiapkan dana pendidikan sebaiknya jauh-jauh hari sebelum anak masuk sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun ajaran baru orangtua pun harus menyiapkan dana pendidikan untuk anaknya. Agar dana pendidikan tersebut tidak terlalu menguras gaji dalam jangka pendek ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Perencana keuangan one shildt financial planning Muhammad Andoko menuturkan, ketika mempersiapkan dana pendidikan saat tahun ajaran baru memang sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari.

Untuk persiapan dana pendidikan itu, Ia mengatakan orangtua perlu memperhatikan besaran uang pangkal sekolah, kemudian apakah di sekolah tersebut masih memberlakukan uang pangkal atau tidak. Lalu tak lupa untuk siapkan dana untuk biaya persiapan perpisahan sekolah, seragam dan biaya pendidikan lain dalam jangka pendek.

Karena dana pendidikan saat menyambut tahun ajaran baru misalkan naik kelas ketika di bangku sekolah, Andoko menyarankan sebaiknya menempatkan dana pendidikan di tempat likuid dan mudah diakses.

"Dana pendidikan dalam jangka pendek bisa ditempatkan di tabungan, reksa dana pasar uang, dan logam mulia. Karena dalam jangka pendek butuh uang sangat cepat. Jangan main-main tempatkan dan di pasar modal karena tak bisa kontrol dan kendalikan ekonomi makro di luar," kata dia.

Andoko pun mengatakan agar mengatur keuangan lebih baik untuk dana pendidikan maka sebaiknya tentukan jumlah uang pendidikan yang diperlukan. Kemudian tempatkan dana pendidikan di portofolio investasi yang likuid dan mudah diakses. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini