Sukses

5 Pekerjaan dengan Gaji di Atas Rp 1 Miliar per Tahun

Gaji lebih dari Rp 1 miliar per tahun, siapa yang tidak mau? Berikut, 5 pekerjaan dengan gaji lebih dari Rp 1 miliar per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Dokter bedah dan pengacara bukan satu-satunya pekerjaan yang dibayar dengan gaji tinggi, bahkan mencapai angka miliaran per tahunnya. Di luar sana, banyak pekerjaan dengan gaji tinggi lainnya, bahkan beberapa di antaranya tidak membutuhkan gelar yang tinggi.

Dikutip dari Business Insider, Jumat (15/7/2016), 5 pekerjaan ini hanyalah beberapa rekomendasi pekerjaan dengan gaji tinggi di Amerika Serikat. Dalam daftar ini, total gaji yang diterima berdasarkan gaji pokok yang seharusnya diterima.

Tetapi untuk beberapa pekerjaan, gaji tinggi yang diterima para pekerja justru didapatkan dari berbagai kompensasi (komisi, uang tip dan bonus). Berikut 5 pekerjaan dengan gaji lebih dari Rp 1 miliar per tahun:

1. Asisten dokter

Pekerjaan sebagai asisten dokter mungkin belum banyak diketahui oleh orang Indonesia. Asisten Dokter di negara barat seringkali disebut sebagai Physician’s Assistant (PA). Walau tidak sepopuler dokter, menjadi asisten dokter tetnyata membutuhkan usaha yang cukup giat.

Seorang asisten dokter harus bergelar magister (S2) dan memiliki izin praktik. Hal ini setimpal dengan gajinya yang mencapai US$ 100.392 atau setara Rp 1,31 miliar per tahun (Kurs: Rp 13.094 per dolar AS), dengan gaji pokok sebesar US$ 100 ribu atau Rp 1,3 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawat

2. Perawat

Seorang perawat harus menempuh pendidikan di sekolah keperawatan. Perawat harus mampu melakukan tes fisik terhadap pasiennya, melakukan tindakan pertolongan pertama, mengobati berbagai penyakit dan luka ringan, hingga menentukan obat-obatan yang cocok untuk pasiennya.

Berkat tanggung jawab yang besar ini, seorang perawat mendapatkan gaji yang sebanding juga, yakni sebesar US$ 101.600 (Rp 1,33 miliar), dengan gaji pokok sebesar US$ 100 ribu per tahunnya (Rp 1,3 miliar).

3. Sales eksekutif

Sales eksekutif tidak membutuhkan pendidikan yang terlalu tinggi, bahkan lulusan SMA pun dapat menjadi sales eksekutif. Seorang sales eksekutif yang sukses dan berpengalaman dapat mendapatkan total gaji hingga US$ 103.500 atau setara Rp 1,35 miliar, di mana gaji pokok sales eksekutif hanya sebesar US$ 65.000 atau sekitar Rp 850 juta.

Hal ini disebabkan komisi dan bonus yang diterima sales eksekutif cukup tinggi dan besar, terlebih ketika mereka menjadi ujung tombak penjualan produk perusahaan.

3 dari 3 halaman

Kontraktor pengeboran migas

4. Kontraktor pengeboran migas

Teknisi pengeboran bertanggung jawab dalam segala rencaa maupun praktik pengeboran gas, minyak bumi, dan bahan tambang lainnya secara aman dan efisien. Untuk menjadi seorang kontraktor pengeboran, Anda perlu menyelesaikan pendidikan di sekolah teknisi.

Jerih payah Anda bekerja sebagai kontraktor pengeboran tentu saja tidak sia-sia, karena seorang kontraktor pengeboran dapat digaji sebesar US$ 116.500 per tahun, atau Rp 1,52 miliar.

Gaji sebesar itu tentu saja total gaji Anda setelah bekerja selama beberapa tahun, tapi gaji pokok kontraktor pengeboran sendiri cukup besar, yaitu US$ 106.680 atau Rp 1,39 miliar per tahun.

5. Dokter Gigi

Gaji seorang dokter gigi terbilang cukup besar, mencapai US$ 129.968 (Rp 1,69 miliar) untuk gaji keseluruhan, dan gaji pokok sebesar US$ 125 ribu (Rp 1,63 miliar). Selain gaji, para dokter gigi biasanya membuka klinik sendiri yang tentunya menambah pundi-pundi uang mereka.

Di Amerika Serikat sendiri, menjadi dokter gigi bukanlah hal mudah. Calon dokter gigi harus menyelesaikan program sarjana kedokteran gigi, lulus tes, dan menerima lisensi kedokteran. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini