Sukses

Tol Laut Rute Panjang-Tanjung Priok Beroperasi Mulai 22 Juni

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dijadwalkan akan meresmikan jalur tol laut dari Pelabuhan Panjang Lampung ke Tanjung Priok Jakarta pada Rabu, 22 Juni 2016. ‎Jalur ini nantinya akan digunakan untuk para pemudik dari Jakarta ke Lampung maupun sebaliknya.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pramuraharjo mengatakan, peresmian ini ditandai dengan pelepasan tiga kapal yang akan beroperasi pada rute tersebut.

"Ada kapal penumpang yang akan diresmikan, juga pelayarannya (rute). Besok (Rabu, 22 Juni 2016) Insya Allah," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Hemi mengungkapkan, pengoperasian ini dilakukan untuk membantu kelancaran pemudik yang menggunakan angkutan laut dari Jakarta ke Lampung dan sebaliknya.

Selama ini, jika ingin menyeberang ke Lampung, penumpang dari Pulau Jawa harus lewat Pelabuhan Merak Banten ke Pelabuhan ‎Bakauheni Lampung. "Ini untuk membantu yang mudik,‎" kata dia.

Adapun tiga kapal yang akan melayani penyeberangan ini antara lain Kapal Motor Mutiara Timur I, Kapal Motor Mutiara Sentosa II dan Kapal Motor Mutiara Sentosa III. Kapal tersebut mampu menampung sekitar 600 penumpang, 250-300 kendaraan pribadi dan 100 truk.

Dengan pengoperasian jalur Pelabuhan Panjang ini, diharapkan akan mengurangi tingkat kemacetan menuju Pelabuhan Merak maupun Pelabuhan Bakauheni. Waktu tempuh rute ini diperkirakan sekitar 8 jam.