Sukses

Kerja Keras Tak Cukup untuk Sukses Berkarier

Rahasia sukses bukan hanya kekayaan berasal dari keluarga, dan juga pendidikan tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Nasihat bekerja keras terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan tak asing lagi. Dengan kerja keras maka apa yang dilakukan dan diinginkan bakal tercapai.

Namun, kerja keras bukan jadi salah satu kunci kesuksesan. Kerja keras bisa saja mendorong Anda tidak mendapatkan yang sebanyak dikeluarkan. Ini hanya dapat membuat Anda kelelahan dan akhirnya tidak memberikan keuntungan.

Ada banyak faktor membuat seseorang sukses dalam karier yang bukan hanya dari kerja keras. Mengutip laman Forbes, Sabtu (4/6/2016), rahasia sukses bukan hanya kekayaan berasal dari keluarga. Selain itu juga bukan hanya pendidikan tinggi.

Salah satu kunci kesuksesan terutama dalam karier yaitu ketekunan. Ketika Anda menjadi kapten dari sebuah kapal, dan Anda tahu kemana Anda akan berlayar. Maka hal itu menjadi salah satu jalan untuk mencapai kesuksesan dalam berkarier.

Untuk mencapai kesuksesan dari ketekunan Anda, maka berikut hal yang dapat dilakukan:

1. Anda harus membuat visi untuk hidup dan karier. Dengan visi maka Anda dapat mengubah sesuatu yang diragukan menjadi nyata. Akan tetapi, Anda juga harus patuh terhadap poin-poin yang telah ditentukan.

2. Membuat keputusan apa yang ingin dilakukan dalam setiap tahapan karier Anda. Tetap dalam kontrol yang Anda buat, dan diinginkan. Bila tidak ada kemajuan maka Anda dapat membuat keputusan untuk bergerak.

3. Mengenal diri sendiri. Anda harus jujur terhadap diri sendiri. Anda tidak perlu merasa paling buruk dalam masa lalu, tetapi jadikan kesalahan menjadi pengalaman yang dipelajari.

4. Ketika Anda mengambil pekerjaan baru, pastikan Anda menyukainya dan mempercayai tim. Jangan hanya mengambil pekerjaan baru karena jabatan dan gaji besar. Dengarkan kata hati Anda.

5. Buat jurnal harian, dan tulis dengan rutin setiap hari. Tulis mengenai karier dan rencana dalam hidup Anda. Tulis tujuan Anda, dan perasaan, serta mimpi. Bila mewujudkannya dapat membuat kebahagiaan.

Jadi sekarang waktunya Anda putuskan bagaimana untuk menghabiskan waktu setiap tahun, bulan dan hari. Atau Anda yang akan membiarkan diri sendiri disetir orang lain. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini