Sukses

KEIN: Jepang dan Jerman Jadi Kiblat Industri RI

KEIN mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat peta jalan industri nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) sedang membuat peta jalan (roadmap) industri nasional. Diharapkan peta jalan ini bisa selesai pada Agustus 2016 dan bisa dijadikan pedoman pengembangan sektor industri. 

Ketua KEIN Sutrisno Bachir menjelaskan, KEIN mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat peta jalan industri nasional. Peta jalan ini nantinya akan menjadi pedoman untuk mewujudkan misi presiden untuk mengubah pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dari konsumsi menjadi produksi.

Untuk membuat peta jalan tersebut, KEIN berkiblat kepada negara maju yang pertumbuhan ekonominya terakselerasi oleh sektor industri. Negara tersebut adalah Jepang dan Jerman.

Sutrisno bercerita, Jepang merupakan negara yang hebat dalam membangun sektor industri. Setelah terpuruk dalam Perang Dunia II di tahun 1940-an, Jepang mampu bangkit dan dalam waktu singkat dan kemudian membangun industri sehingga menjadi negara maju seperti saat ini.



"Sekarang Jepang menjadi kiblat tidak hanya untuk industri elektronik tapi juga otomotif, negara tersebut mampu menguasai pasar," jelasnya kepada Liputan6.com dalam sambungan telepon, Rabu (1/6/2016).

Dalam kunjungannya ke Jepang, KEIN bertemu dengan Federasi Bisnis Jepang, Keidanren, Ketua Kadin Jepang, JICA (Japan International Cooperation Agency), JETRO ( Japan External Trade Organization), serta sejumlah IKM di negara tersebut.

Pelajaran yang bisa didapat dari Jepang adalah mental masyarakat yang memang sudah terdidik untuk menjadi negara industri. Sejak kecil, masyarakat Jepang memang sudah ditekankan untuk berproduksi dan bukan mengkonsumsi."Terbukti mereka sangat senang menabung dan pengeluaran untuk belanjanya kecil," kata dia.

Setelah mengunjungi Jepang, KEIN juga berencana untuk mengunjungi Jerman. Fenomena yang terjadi di Jerman hampir sama dengan Jepang. Jerman mampu bangkit menjadi negara maju setelah kalah perang.

"Jerman merupakan sebuah contoh negara di Eropa yang mampu membangun industrialisasi setelah kalah perang. Bahkan Jerman mampu menjadi negara yang menguasai pasar," kata Sutrisno.

Hingga saat ini, Jerman sangat konsisten dengan inovasi. Produk-produk dari Jerman terbukti memiliki kualitas yang tinggi dan juga menggunakan teknologi terkini.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.