Sukses

Penumpang Salah Turun Terminal, Ini Penjelasan AirAsia Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat AirAsia penerbangan QZ509 tujuan Singapura-Denpasar yang mengangkut 155 penumpang, diduga salah menurunkan penumpang di terminal domestik Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali pada Senin 16 Mei 2016 malam.

Head of Corporate Secretary and Communication AirAsia‎ Baskoro Adiwiyono menjelaskan, seluruh penumpang penerbangan QZ 509 yang berjumlah 155 orang dari Singapura dan mendarat di Denpasar pada pukul 23.54 WITA, tanggal 16 Mei 2016, telah menyelesaikan serangkaian proses imigrasi.

"Saat ini AirAsia Indonesia tengah berkonsentrasi dalam proses investigasi kejadian ini dan mempersiapkan langkah pencegahan guna menghindari terjadinya kejadian yang sama di kemudian hari," kata Baskoro dalam keterangannya, Rabu (18/5/2016).

Dietegaskan Baskoro, AirAsia Indonesia berkenan untuk menekankan bahwa tim senantiasa berkoordinasi dengan otoritas terkait guna memastikan kenyamanan bagi penumpang serta keselamatan dalam proses penerbangan kami.

Seperti dalam pemberitaan sebelumnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (17/5/2016) malam, PT Angkasa Pura I menjelaskan kronologi kedatangan pesawat AirAsia. Peristiwa ini terjadi pada 16 Mei 2016, di mana AirAsia QZ509 mendarat di Bandara Ngurah Rai pada pukul 23.54 WIB. Lalu pesawat parkir (on chock) di Bay 04.

Pada saat itu, ada dua penerbangan lain yang tiba hampir bersamaan, yaitu penerbangan Indonesia AirAsia X dengan kode XT555 dari Kuala Lumpur, yang mendarat pada pukul 23.55 WIB dan parkir di Bay 33. Sedangkan penerbangan AirAsia Indonesia QZ537 dari Perth, Australia yang mendarat pada 17 Mei 2016 pukul 00.04 WIB parkir di Bay 10b.

Sementara, AirAsia Indonesia mempersiapkan tiga bus, untuk mengangkut penumpang QZ509 menuju ke terminal kedatangan internasional.

Pada saat menangani penumpang QZ509, terjadi kesalahpahaman komunikasi antara sopir bus pertama dengan petugas Flight Controller. Sehingga 47 penumpang penerbangan internasional pada bus tersebut, diarahkan ke terminal kedatangan domestik.

Petugas darat AirAsia Indonesia di terminal domestik kemudian menerima informasi dari tim Aviation Security Bandara Internasional Ngurah Rai, bahwa satu bus tersebut telah menurunkan penumpang QZ509 di terminal kedatangan domestik.

Setelah mendapatkan informasi, petugas darat AirAsia Indonesia dibantu tim Aviation Security, segera mengarahkan penumpang kembali ke bus untuk kemudian diantarkan ke terminal kedatangan internasional.‎