Sukses

Jajaran Orang Terkaya di Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Selain dikenal sebagai produsen minyak, negara-negara di Timur Tengah juga dikenal sebagai salah satu wilayah dengan jumlah miliarder yang cukup banyak.

Melansir Gulfnews, Jumat (29/4/2016), terdapat setidaknya 32 orang keturunan Arab yang mampu masuk ke dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Rata-rata diantaranya merupakan orang penting yang memiliki kemampuan besar dalam menjaga stabilitas ekonomi timur tengah. Siapa saja mereka? Berikut enam diantaranya:

6. Abdul Wahid Al Rostamani
    Nilai Kekayaan: US$ 1,3 miliar (Rp 17,1 triliun)

Abdul Wahid Al Rostamani

Perusahaan milik miliarder ini merupakan salah satu distributor suku cadang untuk beberapa merek mobil ternama seperti Nissan, Infinity dan Renault. Ia memulai bisnis di tahun 1954.


5. Saif Al Ghurair dan keluarga
    Kekayaan: US$ 2,2 miliar (Rp 28,9 triliun)

Saif Al Ghurair

Saif Al Ghurair merupakan pimpinan dari perusahaan keluarganya Al Ghurair Group. Kini ia dibantu keenam anaknya untuk mengurus perusahaan tersebut.

2 dari 3 halaman

Miliarder Lain

4. Abdulla Al Futtaim
    Kekayaan: US$ 3,1 miliar (Rp 40,8 triliun)

Abdulla Al Futtaim

Abdulla Al Futtaim merupakan konglomerat pemilik Al Futtaim Group. Perusahaannya menjual merek mobil Toyota dan Honda ke dalam negeri. Ia juga berinvestasi di beberapa perusahaan besar dunia seperti IKEA.

3. Hussain Sajwani
    Kekayaan: US$ 3,2 miliar (Rp 42,4 triliun)

Hussain Sajwani

Husaain Sajwani merupakan pemilik dari Damac Properties. Perusahaan tersebut merupakan developer property terbesar di Uni Arab Emirates.

3 dari 3 halaman

Orang Kaya Lain

2. Abdulla bin Ahmad Al Ghurair dan keluarga
    Kekayaan: US$ 4,9 miliar (Rp 64,6 triliun)

Abdulla bin Ahmad Al Ghurair

Pria ini merupakan pemilik bank tersohor di Arab, Mashreq Bank. Baru-baru ini ia berjanji untuk menyumbangkan dua pertiga kekayaannya demi mendukung program pendidikan.

1. Majid Al Futtaim
    Kekayaan: US$ 5 miliar (Rp 65,9 triliun)

Majid Al Futtaim

Majid Al Futtaim merupakan konglomerat pemilik beberapa mall terkenal di Dubai. Ia juga memiliki beberapa toko ritel dan tempat rekreasi terkenal di timur tengah.(Vna/Nrm)