Sukses

KA Logistik Angkut 800 Ton Semen Baturaja

PT Kereta Api Logistik (KALOG), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendorong bisnis perusahaan melalui peningkatan volume angkutan

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Logistik (KALOG), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendorong bisnis perusahaan melalui peningkatan volume angkutannya. Salah satunya meningkatkan volume angkut Semen Baturaja menjadi 800 ton yang dijalankan mulai tanggal 22 Maret 2016.

“Angkutan semen Baturaja telah dilayani perusahaan sejak tahun 2015 dengan relasi Tiga Gajah – Kertapati, Sumatera Selatan yang dijalankan bersama dengan rangkaian KA Klinker," kata Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Sugeng Priyono dalam keterangannya, Rabu (30/3/2016).

Pada awal pendistribusian, volume angkutan yang dilayani hanya 80 ton stamformasi 2 Gerbong Datar (GD). Selanjutnya volume ditingkatkan menjadi 280 ton stamformasi 7 GD setiap dua hari sekali dan kini ditingkatkan kembali menjadi 800 ton/setiap hari atau setara dengan 20 GD, yang di bagi menjadi dua perjalanan masing-masing 10 GD yang diikutkan dengan KA Klinker rangkaian 20 GD.

 

Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan bahwa peningkatan volume tersebut membuktikan bahwa angkutan berbasis KA telah menjadi alternatif moda pilihan yang menawarkan keunggulan khususnya pada efisiensi daya angkut dan waktu pengiriman.

Ke depan, KALOG berkomitmen dapat secara konsisten mendorong kelancaran sistem logistik nasional, salah satunya melalui pengalihan moda angkutan dari truk ke kereta api sekaligus mengurangi beban jalan raya.

"Peningkatan okupansi angkutan semen Baturaja juga memberikan kontribusi bagi perkembangan pada lini bisnis angkutan non kontainer (komoditas industri)," tambah Sugeng.

Sepanjang tahun lalu KALOG melayani volume semen lebih dari 1,6 juta ton semen dan menyumbang hampir 50% dari total pendapatan tahun 2015. Komitmen sinergi kerjasama KALOG dan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dituangkan melalui Perjanjian kerjasama tentang angkutan semen pada Agustus 2015.

Saat ini, KALOG melayani 3 produsen semen di Indonesia, dengan wilayah operasi Sumatera Selatan untuk semen Baturaja dan pulau Jawa untuk 2 produsen semen lainnya. (Yas/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.