Sukses

7 Cara Cerdas Hemat Kebutuhan untuk Bayi

Simak tujuh cara cerdas untuk berhemat kebutuhan bayi.

Liputan6.com, Jakarta - Menanti kelahiran si kecil tentu akan menjadi sebuah momen menyenangkan bagi semua orang, terutama bagi Anda yang baru akan mengalami hal tersebut untuk pertama kalinya.

Beragam persiapan terkait dengan kebutuhan si kecil akan menjadi perhatian khusus bagi Anda, banyak peralatan dan kebutuhan bayi yang selalu ingin Anda beli, bahkan seringkali keinginan ini menjadi hal yang sulit untuk dihindari.

Namun, Anda tetap harus memikirkan kondisi keuangan dan mengatur segala sesuatunya dengan cermat dan jangan berbelanja untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Simak tujuh cara cerdas untuk berhemat kebutuhan bayi di bawah ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Minggu (13/3/2016):

1. Susun Daftar Belanja

Akan sangat wajar bila sebagai orangtua baru Anda akan sedikit kebingungan dalam membeli berbagai macam kebutuhan bayi.

Namun hal ini tentu berisiko bagi keuangan, bila mana Anda mendatangi toko perlengkapan bayi tanpa sebuah perencanaan belanja yang matang. Anda bisa saja tergoda untuk membeli "semuanya".

Susun sebuah daftar belanja mengenai berbagai macam kebutuhan bayi Anda, tanyakan hal ini pada keluarga atau teman yang telah memiliki bayi sebelum Anda. Dengan begitu Anda tidak akan membeli berbagai macam barang yang tidak dibutuhkan.

2. Belanja dengan Cerdas

Jangan terlalu boros dalam membelanjakan uang, terutama untuk membeli berbagai macam perlengkapan bayi yang hanya akan digunakan sesaat saja.

Pikirkan kembali sebelum memutuskan untuk membeli beragam keperluan bayi yang tidak maksimal penggunaannya.

Anda juga harus menghindari berbelanja pakaian bayi dalam jumlah yang banyak, belilah secukupnya karena bayi juga akan tumbuh besar dan berbagai macam pakaian tersebut akan kekecilan saat digunakan nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Gunakan Hibah dari Saudara atau Teman

Tak ada salahnya menanyakan kepada saudara atau teman Anda yang pernah punya bayi, barangkali mereka masih menyimpan berbagai macam perlengkapan bayi mereka dan masih dalam kondisi baik untuk digunakan kembali.

Anda bisa mengumpulkan ini dari beberapa orang saudara atau teman di saat belum melahirkan. Dengan begitu Anda bisa membeli hanya kebutuhan bayi lainnya yang belum tersedia, maka Anda bisa berhemat cukup banyak bukan?

4. Request Kado

Biasanya pada saat bayi Anda lahir, maka keluarga atau teman akan menghadiahi dengan berbagai macam kado. Belakangan hal ini juga telah biasa dilakukan, di mana sebelum membeli mereka akan menanyakan apa saja kebutuhan yang saat ini diperlukan, hal ini akan membuat kado tersebut tidak mubazir dan sia-sia.

Anda akan sangat terbantu dengan kado-kado yang didapatkan dari keluarga dan teman-teman dekat, karena mereka akan memberi kado yang sifatnya memang sangat dibutuhkan oleh bayi Anda. Hal ini akan menghemat banyak pengeluaran Anda, mengingat saat ini harga perlengkapan bayi juga lumayan mahal.


5. Beli Perlengkapan Bekas Secara Online

Bila Anda jeli dan teliti, Anda juga bisa menemukan banyak perlengkapan bayi bekas yang dijual secara online. Jenis dan harga yang ditawarkan pun beragam.

Namun pada dasarnya harga ini akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan Anda membeli perlengkapan bayi dalam kondisi baru. Pilih dan sesuaikan kebutuhan si kecil dengan barang yang akan Anda beli, maka Anda dengan mudah bisa berhemat.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Manfaatkan Diskon

Ada banyak toko perlengkapan bayi yang rajin mengadakan promo berupa diskon, terutama yang bekerja sama dengan berbagai layanan kartu kredit dari bank.

Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan si kecil, dengan syarat Anda tetap harus belanja sesuai dengan keperluan saja dan tidak sampai gelap mata.

7. Sewa Dari pada harus Beli

Saat ini ada tempat khusus persewaan bagi kebutuhan bayi, di sana berbagai macam barang dan keperluan si kecil bisa Anda dapatkan dengan cara menyewa.

Tidak selalu harus beli, karena ada banyak kebutuhan bayi yang hanya akan terpakai dalam waktu yang singkat saja, seperti: box bayi atau kereta bayi.

Dengan menyewa, Anda akan menghemat uang dalam jumlah yang sangat besar, karena pada umumnya harga barang-barang tersebut cukup mahal.


Bijaklah dalam Memenuhi Kebutuhan Buah Hati Anda

Setiap orang tentu ingin membeli segala sesuatu yang menyangkut kebutuhan bayinya. Namun membeli semuanya akan membuat Anda menguras banyak tabungan dan Anda wajib menyediakan ruang bagi berbagai macam perlengkapan tersebut saat si kecil mulai besar.

Untuk itu, belanja dan gunakanlah perlengkapan bayi secara bijak dan tidak ada salahnya anda menyewa perlengkapan yang harganya cukup mahal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.