Sukses

Dekat Lokasi Tragedi WTC, New York Buka Stasiun Termahal di Dunia

New York baru membuka stasiun kereta termahal di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - New York baru membuka stasiun kereta termahal di dunia. Stasiun yang diberi nama Oculus itu terletak persis di dekat situs tragedi World Trade Centre (WTC) 11 September 2001 di Manhattan New York.

Stasiun ini dibuka pada 4 Maret 2016, di World Trade Centre Transportation Hub. Masyarakat kini memiliki stasiun baru yang indah, megah dan juga termahal di dunia.

Dilansir dari The Verge, Senin (7/3/2016), stasiun yang berfungsi sebagai hub itu menggantikan jalur stasiun kereta yang dulunya hancur pada tragedi WTC 11 September 2001.

Stasiun yang dibangun selama 12 tahun itu adalah yang termahal. Dikabarkan biaya pembangunan stasiun ini mencapai US$ 4 miliar atau sekitar Rp 52 triliun (kurs: Rp 13.000/dolar AS).

New York Station (The Verge)

Di tengah-tengah stasiun adalah Oculus, struktur kaca dan baja menakjubkan yang dirancang oleh arsitek Spanyol Santiago Calatrava. Bentuknya terlihat seperti merpati yang tengah terbang.

New York Station (The Verge)

Namun, kritikus mengkritik dana yang dikeluarkan untuk proyek ini. Nilai US$ 4 miliar dianggap terlalu besar dan boros. Kereta ini juga dinilai kurang sesuatu yang mewakili stasiun tradisional, seperti mesin tiket, jam hingga peta. (Zul/Nrm)


Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini